Dahan Pohon Tumbang Hancurkan Salah Satu Pelinggih Pura di Tabanan

Selasa, 13 Maret 2018 | 07:05 WITA

Dahan Pohon Tumbang Hancurkan Salah Satu Pelinggih Pura di Tabanan

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

BeritaBali.com.Tabanan. Sebuah dahan pohon Gintungan berdiameter 15 centimeter patah dan menimpa pelinggih padma dan pintu pagar di Pura Dalem Kahyangan Kedaton, Alas Kedaton di Banjar Lodalang, Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan, Senin (12/3).
 

Tumbangnya pohon Gintungan tersebut pertama kali diketahui oleh I Nyoman Mardika kelihan banjar Denuma sekitar pukul 7.30 Wita. Saat itu saksi yang juga  selaku penanggung jawab perbaikan bangunan di areal Pura hendak melanjutkan pembangunan bataran Balai Taked (Palingggih tempat parum Tapakan Barong). Dia mengaku terkejut karena jalan setapak di utara pura tertutup dahan pohon. Setelah dicek, ternyata dahan pohon tumbang menimpa palinggih kecil di pojok tenggara Bale Taked. 
 
"Menur panyengker dan palinggih retak," ungkapnya. Dicek lebih lanjut, ia pun melihat pintu terali besi di timur Bale Taked rusak tertimpa dahan pohon. Selanjutnya, ia menginformasikan musibah itu kepada Bendesa Adat Kukuh I Gede Subawa dan Perbekel Desa Kukuh I Made Sugianto.
 

Akibat kejadiian itu satu unit pelinggih padma hancur dan pagar pintu masuk pura yang terbuat dari besi juga rusak. “Kerugian material mencapai Rp 10 Juta,” jelas Perbekel Kukuh I Made Sugianto. Tumbangnya dahan pohon Gintungan juga sudah dilaporkan ke Polsek Marga.
 
Perbekel mantan wartawan ini menduga tumbangnya dahan pohon tersebut karena sudah lapuk dan busuk. “Prajuru sudah melakukan pembersihan terhadap dahan yang tumbang agar jalan masuk bagi wisatawan bisa dilalui,” tandasnya. Pihak prajuru juga sudah melaksanakan matur piuning dan rencananya ia juga melaporkan kejadian itu ke BPBD Tabanan. “Besok baru kita laporkan ke BPBD Tabanan,” pungkas Sugianto. ( bbn/nod/rob)
 


Selasa, 13 Maret 2018 | 07:05 WITA


TAGS: Pohon Tumbang Pura Dalem Alas Kedaton



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: