Enam Sulinggih Akan Pimpin Tawur Balik Sumpah Agung Tilem Kesanga Kota Denpasar

Kamis, 15 Maret 2018 | 20:35 WITA

Enam Sulinggih Akan Pimpin Tawur Balik Sumpah Agung Tilem Kesanga Kota Denpasar

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Enam sulinggih dipastikan hadir untuk memimpin upacara Tawur Balik Sumpah Tilem Kesanga yang akan digelar di Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung pada Jumat (16/3). Keenam sulinggih tersebut diantaranya Ida Pedanda Gede Ngurah Telaga selaku Yajamana Karya sebagai unsur Siwa, Ida Pedanda Gede Jelantik Giri Santha Cita sebagai unsur Budha, Ida Bhujangga Rsi Oka Widyana sebagai unsur Bhujangga.


“Jadi total enam Sulinggih yang dibantu dua Tapeni untuk muput Karya Tawur Balik Sumpah Agung Nyepi Caka 1940 tahun 2018,” papar Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Raka Purwantara saat diwawancarai di sela-sela persiapan upacara pada Kamis (15/3).

Adapun upacara yang tergolong Bhuta Yadnya ini turut dirangkaikan dengan ngarga Tirta Saraswati dikarenakan Hari Suci Nyepi Caka 1940 bertepatan dengan Hari Saraswati.  

“Secara umum pelaksanaan karya berada pada tingkat utama serta pada hari yang sama turut  dilaksanakan Ngarga Tirta Saraswati, sehingga masyarakat mendapatkan Tirta Keluhur, Tirta Caru, Tirta Saraswati dan ulam Caru saat pelaksanaan Tawur Agung Kesanga ini yang nantinya akan diteruskan ke Desa Pakraman se-Kota Denpasar,” jelas Raka Purwantara.


Raka Purwantara menyampaikan upacara dengan tingkatan utama ini sedianya akan menggunakan berbagai jenis ulam (daging) caru yakni untuk arah Timur menggunakan Angsa, Selatan menggunakan Banteng, Barat Daya menggunakan Kuluk Belang Bungkem. Barat menggunakan Kambing, Utara menggunakan Babi Butuan dan tengah menggunakan itik Belang Kalung dan Kerbau.

Raka Purwantara menambahkan, pelaksanaan Tawur Agung ini bertujuan untuk menetralisir pengaruh Bhuta Kala sebagai upaya harmonisasi ketiga unsur yakni Parahyangan, Palemahan dan Pawongan yang merupakan implementasi Tri Hita Karana dalam kehidupan. Sedangkan untuk masyarakat Kota Denpasar yang hendak memohon tirta Saraswati, sedianya dapat datang langsung saat pelaksanaan Tawur Agung yakni pukul 09.00 Wita atau datang langsung ke Pura Agung Jagatnatha Denpasar. [bbn/rls/mul]


Kamis, 15 Maret 2018 | 20:35 WITA


TAGS: Enam Sulinggih Tawur Nyepi Denpasar



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: