Menikmati Batok Kelapa Muda Dalam Sajian Lawar Klungah

Sabtu, 24 Maret 2018 | 12:13 WITA

Menikmati Batok Kelapa Muda Dalam Sajian Lawar Klungah

Beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Gianyar. Lawar klungah merupakan salah satu dari berbagai macam lawar khas Bali yang ada saat ini. Lawar khas Bali yang satu ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan lawar yang lainnya, hanya saja isi dari lawar tersebut berasal dari campuran daging klungah (batok kelapa muda) dengan bumbu lengkap (base gede).


Lawar klungah menjadi sajian istimewa, karena selain proses pengolahan yang unik juga tidak mudah menemukan sajian lawar klungah di sembarang tempat di Bali. Keistimewaan lawar klungah menyebabkan lawar klungah kini ditawarkan menjadi salah satu sajian di The Kayon Resort Ubud.

“Kami Ingin memperkenalkan citarasa dari lawar klungah ini ke tamu mancanegara dan tamu domestik yang menginap di resort kami,maupun tamu luar yang hanya sekedar ingin menikmati makanan,” ungkap Chef The Kayon Resort Ubud Edi Karditha di Ubud, Gianyar pada Sabtu (24/3).

Edi Mengungkapkan Ide awal terbesit dari langkanya yangmenjual lawar klungah dan tidak semua orang  tahu bahwa di Bali ada yang namanya hidanganlawar klungah atau sayuran khas dari batok kelapa yang masih muda. Melihat fenomena tersebut akhirnya mulai  dicoba pembuatankreasi lawar klungah dengan cita rasa yang khas dengan penyajian yang berbeda.


Bahan utama lawar klungah adalah batok kelapa muda yang belum ada dagingnya dan teksturnya masih lentur. Dimana selama ini masyarakat sudah sangat mengetahui bahwa kelapa muda merupakan buah tropis yang kaya akan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Edi menuturkan sajian lawar klungah mengandung berbagai macam vitamin yang berguna bagi tubuh. Sebagai contoh air kelapa yang selama ini dipercaya sebagai anti oksidan dalam tubuh.  Begitu juga bahan-bahan lainnya terutama pada penggunaan bumbu yang juga terbilang bumbu herbal.

“Seperti yang di percaya sebagai obat masuk angin, Lengkuas sebagai anti oksidan,Kunyit sebagai anti peradangan, bawang merah untuk meningkatkan stamina dan bawang putih untuk mencegah pembekuan darah dan lain-lain,” kata Edi Karditha.

Begitu istimewanya lawah klungah menyebabkan sajian tersebut menjadi salah satu menu yang paling direkomendasikan bagi wisatawan. Sementara dari segi harga tidak tanggung-tanggung untuk satu porsi sajian lawar klungah di bandrol dengan harga Rp. 105.000. [bbn/edi/mul]


Sabtu, 24 Maret 2018 | 12:13 WITA


TAGS: Lawar Klungah Kuliner Bali gianyar



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR BALI 2018-2023
    • I Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan I Ketut Sudikerta
    • Total responden sampai saat ini: 807