Memancing, Jaga Kebersihan Sungai Sekaligus Rekreasi

Minggu, 25 Maret 2018 | 17:55 WITA

Memancing, Jaga Kebersihan Sungai Sekaligus Rekreasi

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com.Denpasar, Pemerintah Kota Denpasar terus berupaya melibatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan di Kota Denpasar termasuk dalam mewujudkan kebersihan sungai. Keterlibatan masyarakat tampak terwujud nyata. Salah satunya seperti yang dilaksanakan Karang Taruna Mahatva Yoda, Desa Dauh Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara dengan menggelar lomba mancing ikan Minggu, (25/3) di Tukad Taman Kota Lumintang, Denpasar.
 

Ketua Karang Taruna Taruna Mahatva Yoda, Tude Arya mengatakan lomba mancing ikan yang dilaksanakan di aliran Tukad Taman Kota Lumintang untuk memperingati hari air sedunia. Disamping juga mengajak masyarakat untuk menjaga kali bersih. 
 
“Melalui lomba yang dilaksanakan ini kami mengajak masyarakat untuk terus menjaga kebersihan sungai. Terlebih lagi sungai-sungai yang ada di Kota Denpasar telah direvitalisasi sehingga menjadi salah satu tempat rekreasi,” ujarnya. 
 
Menurutnya mewujudkan kali bersih bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah semata melainkan tanggungjawab semua pihak termasuk para generasi muda. Untuk itulah Karang Taruna Mahatva Yoda menggelar lomba mancing ikan di tukat Taman Kota Lumintang sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan kali. Terlebih lagi masing banyak ada masyarakat yang memanfaatkan sungai sebagai tempat membuang sampah. 
 
Untuk itu perlu dilakukan gerakan edukasi sehingga masyarakat sadar akan pentingnya kali bersih. Dalam kegiatan kali ini tidak hanya melakukan lomba mancing juga dilaksanakan sosialisasi kali bersih oleh lawak Celekontong Mas. Dalam lomba mancing ikan, Tude Arya mengaku diikuti 500 peserta dan ikan yang diterbar adalah ikan lele. 
 
Lebih lanjut Tude Arya menambahkan selain melaksanakan lomba mancing ikan pihaknya juga melaksanakan berbagai kegiatan sosial seperti donor darah, serta memberikan alat dengar bagi masyarakat yang membutuhkan. Perbekel Desa Dauh Puri Kaja, 
 
Nyoman Gede Risnawan mengaku selalu mendukung setiap kegiatan karang taruna. Terlebih lagi kegiatannya sangat dirasakan manfaatnya seperti lomba mancing yang dilaksanakan sekarang ini. “Kami sangat mendungkung kegiatan-kegiatan karang taruna terlebih lagi untuk menwujudkan lingkungan bersih,” ujarnya. Selama ini pihaknya selalu bersinergi dengan berbagai pihak dalam mewujudkan kebersihan di wilayahnya termasuk dengan karang taruna. 
 

"Lomba ini sebagai ajang untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama bantaran sungai," ujar Risnawan. Peran serta dan kepedulian masyarakat sangat diperlukan untuk mewujudkan kebersihan sungai. Selain sebagai membuat lingkungan bersih lomba mancing di harapkan dapat menjadikan bantaran sungai yang ada sebagai tempat rekreasi.
 
Lebih lanjut Risnawan menambahkan berbagai upaya dilakukan untuk mewujudkan lingkungan bersih terutama daerah aliran sungai. Selain melakukan bersih-bersih sungai dengan cara lomba mancing diharapkan dapat menggungah masyarakat untuk terus melestarikan kebersihan sungai. Ia juga merencanakan menjadikan aliran sungai sebagai salah satu destinasi wisata dengan berbagai atraksi permainan air. 
 
"Ini merupakan salah satu awal untuk menggugah masyarakat untuk turut menjaga sungai agar tetap bersih," ujarnya. Dalam kesempatan tersebut Risnawan juga menghimbau kepada masyarakat untuk membatu mengawasi masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai. (bbn/rlsdps/rob)


Minggu, 25 Maret 2018 | 17:55 WITA


TAGS: Memancing Jaga Kebersikan Rekreasi



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: