Polsek Gilimanuk Amankan Belasan Ribu Rokok Ilegal

Sabtu, 21 April 2018 | 09:30 WITA

Polsek Gilimanuk Amankan Belasan Ribu Rokok Ilegal

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com.Jembrana, Jajaran Polsek Kawasan Laut Gilimanuk tergabung dalam tim Unit kecil Lengkap (UKL) kembali menggagalkan penyelundupan  barang ilegal melalui pintu masuk Bali Pelabuhan Gilimanuk  Jumat (20/04)  sekitar jam 03.00 dini hari. 
 

Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk Kompol I Nyoman Subawa menjelaskan, penemuan belasan ribu rokok berbagai merek tersebut berawal dari  kegiatan rutin di pelabuhan gilimanuk yang dipimpin oleh Kanit Reskrim AKP I Komang Muliyadi, S.H beserta Panit I Ipda I Nyoman Wirawan, yang pemeriksaan terhadap kendaraan Truck Sky Light Hino Dutro warna Biru, Nopol. B 9843 XIZ yang dikemudikan oleh supir yang bernama Riyanto asal Desa Pager Dawung, Rt.3/Rw. 4, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah.
 
"Truk tersebut ditemukan membawa 19 Koli Rokok dengan empat jenis atau merk yang berbeda, yaitu masing-masing bermerk S3,  Still, Grend dan Seven. Rokok-rokok ini adalah ilegal tanpa Pita Cukai. Hal ini diatur dalam pasal  54 Jo pasal 29 (1) UU RI No. 39 Th. 2007, Tentag cukai Jo pasal 53 KUHP. Yaitu tindak pidana percobaan menawarkan, menyerahkan, menjual atau menyediakan barang dijual barang kena cukai yang tidak dikemas untuk penjualan eceran atau tidak dilekati pita cukai. sehingga diancam dengan pidana kurungan paling singkat 1 tahu dan paling lama 5 tahun," terang I Nyoman Subawa Jumat (20/4) Siang.
 
Sementara dari pemeriksaan polisi, terungkap Sopir Riyanto membawa 19 koli rokok tanpa cukai dari Perasaan Probolinggo tujuan Rambutsiwi Kecamatan Mendoyo Jembrana yang disuruh oleh pria bernama Pak Pur dengan upah Rp1 juta Upah tersebut baru diterima jika barang tersebut sudah sampai di tempat tujuan.
 
Atas pelanggaran tersebut maka kami amankan pengemudi, kendaraan dan barang bukti di Unit  Reskrim  Polsek Kawasan Laut Gilimanuk dan kemudian kami akan koordinasikan dengan Bea Cukai denpasar utuk langkah-langkah selanjutnya.(bbn/Jim/rob)


Sabtu, 21 April 2018 | 09:30 WITA


TAGS: Polsek Gilimanuk Amankan Belasan Ribu Rokok Ilegal



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: