Bali dan Uttarakand India Jajaki Kerjasama Sister Province

Selasa, 24 April 2018 | 06:45 WITA

Bali dan Uttarakand India Jajaki Kerjasama Sister Province

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com.Denpasar, Provinsi Bali dan Pemerintah Negara Bagian Uttarakand Republik India menjajaki kerjasama sister province. Keinginan kedua belah pihak untuk membangun kerjasama Sister Province tertuang dalam Pernyataan Kehendak yang ditandatangani Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan Ketua Menteri Uttarakand Trivendra Singh Rawat. 
 

Demikian disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali I Dewa Gede Mahendra Putra, SH.MH dalam siaran persnya dari Kota Dehradun, Uttarakand, Senin (23/4).
 
Lebih jauh Dewa Mahendra yang mendampingi Gubernur Pastika dalam lawatan ke India menyampaikan bahwa kerjasama yang akan dibangun meliputi 5 bidang yaitu pariwisata dan kebudayaan, e-Government, penguatan kapasitas sumber daya manusia, lingkungan hidup dan kesehatan.
 
Mengutip penjelasan dari Gubernur Pastika, Karo Humas dan Protokol Dewa Mahendra menjelaskan beberapa alasan yang mendorong dirintisnya kerjasama dua provinsi ini. Pertama, Bali dan Uttarakahand memiliki kedekatan budaya yang berlandaskan Agama Hindu. Di Uttarakand terdapat sejumlah Kuil Hindu yang setiap tahunnya banyak dikunjungi Umat Hindu Bali untuk tujuan tirta yatra. Yang lebih istimewa, Uttarakand mewilayahi Sungai Gangga yang disucikan Umat Hindu. "Melalui kerjasama ini, kita harapkan Bali akan menjadi pusat Hindu dunia," ucapnya.
 

Selain faktor kedekatan budaya, sektor pendidikan di Negara Bagian India itu saat ini tengah maju pesat. "Dengan dibangunnya kerjasama ini, kita berharap kesempatan bagi mahasiswa dan pelajar yang ingin memperoleh beasiswa di India makin terbuka," ujarnya.
 
Alasan lain, belakangan teknologi di India juga berkembang pesat sehingga kerjasama yang dibina diharapkan dapat mengoptimalkan penerapan e-Government di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali.Penjajakan kerjasama ini nantinya akan ditindaklanjuti dengan penyusunan MoU yang akan ditandatangani kedua belah pihak paling lambat tahun depan.
 
Selain didampingi Karo Humas dan Protokol Dewa Mahendra, dalam lawatannya ke India, Pastika juga didampingi Kepala Bappeda Litbang Provinsi Bali I Wayan Wiastana Ika Putra, Kadis Kebudayaan Dewa Putu Beratha dan Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi Bali. (bbn/rlspemprov/rob)


Selasa, 24 April 2018 | 06:45 WITA


TAGS: Sister Province Bali-Uttarakand



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: