Pura Sri Mariamman, Pura Tertua di Singapura

Minggu, 06 Mei 2018 | 17:25 WITA

Pura Sri Mariamman, Pura Tertua di Singapura

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com.Singapura, Pura yang berlokasi di kawasan China Town, tepatnya di South Bridge Road, Singapura ini merupakan pura Hindu tertua di Singapura.
 

Berdiri sejak tahun 1827, pura ini dikenal sebagai Mariamman Kovil atau Kuil Kling Street, dan dibangun oleh imigran dari distrik Nagapatnam dan Cuddalore di India Selatan.
 
 
Pura Ini didedikasikan untuk dewi Mariamman, yang dikenal karena kekuatannya untuk menyembuhkan penyakit. Pintu masuk ke pura ini berupa gapura megah yang tinggi menjulang dengan hiasan patung-patung kecil yang terkesan rumit.
 
Enam tingkatan pada gapura ditutupi dengan patung-patung dewa, binatang mitologis dan makhluk lainnya. Bagian atas dinding yang mengelilingi kompleks pura terdapat beberapa patung sapi, binatang yang dianggap suci oleh umat Hindu. Seorang wisatawan dari Denpasar Bali, I Wayan Bagiana tampak sedang berselfie di depan gapura.
 

"Gapuranya cukup unik karena puncaknya penuh dengan patung-patung tiga dimesi, ini yang membedakan dengan gapura pura-pura di Bali," ujar Bagiana yang ke Singapura bersama teman-teman alumni kelas 37 SMPN 2 Denpasar.
 
Sayangnya, kedatangan Bagiana dan teman-temannya ke Pura ini bukan saat ada festival. Festival utama yang dirayakan di pura ini adalah festival tahunan Theemithi (upacara berjalan di atas api) yang jatuh pada bulan Oktober atau November.
 
Sejak 6 Juli 1973, Pura Sri Mariamman telah dikukuhkan sebagai monumen nasional. (bbn/gus)


Minggu, 06 Mei 2018 | 17:25 WITA


TAGS: Pura Sri Mariamman Singapura



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: