Bali Perlu Bentuk E-Tourism Forum

Sabtu, 12 Mei 2018 | 09:35 WITA

Bali Perlu Bentuk E-Tourism Forum

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com.Denpasar, Untuk mampu menggarap berbagai peluang dan potensi Bali, diharapkan mampu mengembangkan ekosistem ekonomi digital khususnya e-tourism di Bali melalui pembentukan Bali E-Tourism Forum, untuk itu, semua stakeholder harus satu visi dan misi.
 
Hal tersebut disampaikan Praktisi pendidikan dari Yayasan Primakara, Denpasar, I Made Artana, Jumat (11/5) di Denpasar. 
 
"Ini merupakan satukan langkah, jalin kerjasama lintas stakeholder buat solusi digital untuk pariwisata Bali. Kalau ini dirasa bagus semoga  dapat diwujudkan," jelasnya.
 
Dilanjutkan, pelaku ekonomi pariwisata resah dengan gelombang ekonomi digital karena berdampak positif dan negatifnya terhadap perekonomian di Bali. Menurutnya, ada dua masalah besar pariwisata Bali kaitannya dengan ekonomi digital, pertama, solusi teknologi di bidang pariwisata dominan datang dari luar negeri baik software maupun aplikasi digital. 
 
 
"Sekarang banyak bikin hotel lalu berserah diri pada OTA sepeti Traveloka, Booking.com, Agoda. Ini jadi kendala sebab saluran pemasaran lain tidak dikelola dengan baik," katanya.
 
Disampaikan, terkait solusi digital tourism atau e-tourism perlu dirumuskan. Agar peluangnya dapat digarap startup lokal. Sebab sejauh ini kuenya misalnya, di OTA direbut pelaku ekonomi digital luar Bali bahkan internasional.
 
"Potensi di Bali besar dengan adanya startup lokal. Saya  yakin kita mampu jika diberi ruang, difasilitasi, diangkat, dipupuk dan sering digaungkan serta dipublikasikan. Jadi kita bisa tumbuh bersama dengan sinergi berbagai pihak," pungkasnya. (bbn/aga/rob)


Sabtu, 12 Mei 2018 | 09:35 WITA


TAGS: E-Tourism Forum Pariwisata



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: