Parade Baleganjur Meriahkan Peringatan Serangan Umum Kota Denpasar ke-72

Sabtu, 12 Mei 2018 | 14:00 WITA

Parade Baleganjur Meriahkan Peringatan Serangan Umum Kota Denpasar ke-72

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com.Denpasar, Memperingati serangan umum Kota Denpasar Ke-72 digelar parade Beleganjur yang melibatkan 20 sekaa Baleganjur dari masing - masing STT se-Kota Denpasar, Jumat (11/5) bertempat di panggung selatan Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung. 
 

Berlangsung selama dua hari parade Baleganjur dibuka Plt. Walikota Denpasar,  IGN. Jaya Negara didampingi Ketua DPRD Kota Denpasar,  I Gusti Ngurah Gede,  Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Raka Purwantara dan Ketua LVRI (Legiun Veteran  Republik Indonesia) Kota Denpasar, Jro Wilaja di areal Kantor Walikota Denpasar ditandai dengan penyerahan bendera sangsaka merah putih. 
 
Sebelum tampil diatas panggung para peserta parade melakukan iring-iringan pawai yang diawali dari gerbang utara kantor walikota denpasar melewati patung Catur Muka kemudian menuju kearah timur hingga Pura Jagatnatha Kota Denpasar dilanjutkan menuju kearah selatan di parkir timur lapangan puputan Badung, I Gusti Ngurah Made Agung. 
 
Dalam kesempatan yang sama juga diserahkan bantuan dari Pemkot Denpasar kepada para ahli waris korban serangan umum Kota Denpasar. Tampil di hari pertama, 12 sekaa baleganjur dilanjutkan delapan sekaa baleganjur dihari kedua, Sabtu (12/5). Parade Baleganjur serangkaian serangan umum Kota Denpasar Ke-72 ditutup pada sabtu (12/5). Dalam parade ini nantinya akan dipilih delapan sekaa terbaik yang berhak atas piagam dan uang pembinaan.
 

Plt. Walikota Denpasar,  IGN. Jaya Negara didampingi Kabag Kesra Kota Denpasar, Raka Purwantara ditemui disela-sela acara mengatakan melalui parade Baleganjur serangkaian peringatan serangan umum Kota Denpasar Ke-72 ini Pemerintah Kota Denpasar berharap masyarakat Kota Denpasar khusunya generasi muda mampu menghargai jasa para pahlawan pendahulu. 
 
"Pemerintah Kota Denpasar  berharap melalui parade baleganjur ini dapat dijadikan media untuk menumbuhkan semangat juang serta jiwa kepahlawanan dikalangan generasi muda. Selain juga sebagai media pelestarian seni budaya di kota Denpasar," ujar Jaya Negara. 
 
Sementara ketua LVRI Kota Denpasar, Jro Wilaja dalam sambutan yang dibacakannya mengatakan adanya parade baleganjur serangakaian peringatan serangan umum Kota Denpasar Ke-72 ini dapat dijadikan pengingat bagi generasi muda mengenai semangat patriotisme dan kepahlawanan yang dapat diterapkan dalam menjalankan kehidupan. 
 
Besar pula harapan kami bahwa dengan dirangakaikan dengan parade baleganjur, peringatan serangan umum Kota Denpasar Ke-72 dapat pula melestarikan seni budaya di Kota Denpasar. "Ciri khas gamelan Baleganjur yang keras dan tegas sangat tepat dan sesuai dengan peringatan serangan umum Kota Denpasar Ke-72 dalam menggambarkan semangat perjuangan para pahlawan yang telah mendahului kita yang dapat dijadikan suri tauladan bagi generas muda Kota Denpasar," ujarnya.  (bbn/rlsdps/rob)


Sabtu, 12 Mei 2018 | 14:00 WITA


TAGS: Peringatan Serangan Umum Kota Denpasar Pemkot Denpasar Parade Beleganjur



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: