Gunung Agung Erupsi Mengeluarkan Kolom Abu Sejauh 1.000 Meter

Minggu, 20 Mei 2018 | 08:25 WITA

Gunung Agung Erupsi Mengeluarkan Kolom Abu Sejauh 1.000 Meter

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com.Karangasem, Aktivitas Gunung Agung belum sepenuhnya mereda. Hal tersebut ditandai oleh kembalinya terjadi erupsi dengan mengeluarkan abu setinggi 1000 meter dari puncak kawah Gunung.
 

Erupsi tersebut terjadi sore ini, Sabtu (19/05) sekitar 17.19 wita. Berdasarkan laporan magmavar yang dikeluarkan PVMBG dinyatakan kolom abu diamati setinggi 1000 meter diatas puncak kawah dengan Amax 10 mm serta lama gempa  240 detik.
 
"Ya terjadi erupsi lagi dengan kolom abu 1000 meter," ujar Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG, Ir. Wawan Irawan saat dikonfirmasi media ini.
 
Sementara itu, menurut, Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, Dr. Devi Kamil Syahbana. Menurutnya hal tersebut wajar terjadi karena alat sismik di pos pemantauan masih merekam adanya  gempa-gempa vulkanik maupun tektonik lokal di sisi Utara.
 
Meski sempat terekam nihil gempa sebelumnya, menurut Devi Kamil, itu hanya pemantauan beberapa jam saja. Namun harus lihat juga trend kegempaan beberapa hari dan minggu sebelumnya bahwa gempa vulkanik masih terekam. Hal itulah yang mengindikasikan bahwa masih adanya suplai magma di dalam gunung meskipun dengan laju yang lambat.
 
"Gunung Agung masih belum sepenuhnya stabil, masih memungkinkan terjadi erupsi namun ancaman bahayanya masih terlokalisir di sekitar kawah dan di dalam radius 4 km sesuai dengan rekomendasi PVMBG," tandasnya. (bbn/igs/rob)


Minggu, 20 Mei 2018 | 08:25 WITA


TAGS: Gunung Agung Erupsi Karangasem



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: