Didera Berbagai Permasalahan, Ubud Terpilih Sebagai Destinasi Terbaik ke-4 Dunia

Senin, 16 Juli 2018 | 07:10 WITA

Didera Berbagai Permasalahan, Ubud Terpilih Sebagai Destinasi Terbaik ke-4 Dunia

bbn/ilustrasi/bali-indonesia.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Gianyar. Di tengah persoalan yang dihadapi Ubud sebagai destinasi wisata seperti kemacetan dan alih fungsi lahan, nampaknya para wisatawan kian positif menatapnya sebagai destinasi pilihan terbaik ke-4 dunia versi Travel & Leisure. 
 

Kepala Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Gianyar, Anak Agung Bagus Ari Brahmanta mengatakan permasalahan yang dihadapi pariwisata Ubud relatif kompleks harus tetap menjadi perhatian bersama. Termasuk masalah kemacetan, yang diakuinya belum maksimal. Persoalan lainnya yang perlu disikapi adalah alih fungsi lahan yang kebablasan. Itu mulai terjadi di wilayah Ubud Utara.
 
Permasalahan lainnya adalah infrastruktur. Seperti jalan paving di Ubud yang sudah berjalan 6 tahun belum ada perbaikan dan yang dilakukan hanya tambal sulam.
 
“Kebersihan hingga alih fungsi lahan di daerah utara juga perlu disikapi. Termasuk soal infrastruktur dan masalah sosial yang kini mulai didatangi para gepeng,” kritiknya saat dikonfirmasi Ubud yang mendapat tempat di posisi ke 4 kota terbaik di dunia versi Travel  & Leisure, Minggu (15/7).
 

Dikatakan penghargaan tersebut merupakan hasil survei 15 kota terbaik di dunia. Sebelumnya, Ubud yang pada tahun 2017 menduduki peringkat sembilan, kini menduduki peringkan keempat, dengan skor 88,74. Diungkapkan, tingkat kunjungan saat ini, sudah melebihi 3 juta per tahun.  Hal itu dilihat dari tingkat kunjungan ke objek wisata Monkey Forest (Desa Padangtegal). Sementara Tingkat lama menginap, lanjutnya mulai dari rata-rata 3,5 hari menjadi 4 hari.  
    
Untuk itu, kata dia beragam upaya yang dilakukan oleh semua pihak termasuk penataan parkir, diyakini memberi nilai katrol terhadap posisi Ubud. Terlebih lagi tahun lalu, pringkat Ubud sempat anjlok ke urutan sembilan. “Saya sudah  membaca informasi itu. Dengan peringkat keempat ini, berharap tingkat kunjungan ke Ubud bisa akan semakin tinggi,” harapnya.(bbn/maw/rob)


Senin, 16 Juli 2018 | 07:10 WITA


TAGS: Ubud Destinasi Terbaik Travel Pariwisata



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: