Layanan Kependudukan dan SIM Denpasar Resmi Dilengkapi Antrean Online

Senin, 23 Juli 2018 | 14:25 WITA

Layanan Kependudukan dan SIM Denpasar Resmi Dilengkapi Antrean Online

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Sebagai inovasi dan memberi kenyamanan warga, Mal Pelayanan Publik (MPP) Sewaka Dharma Kota Denpasar kini resmi menerapkan sistem antrean serta pendaftaran online bagi pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan SIM. 
 

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Denpasar, I Made Toya saat dikonfirmasi Senin (23/7) mengatakan bahwa Pemkot Denpasar terus berinovasi dalam menciptakan pelayanan publik yang maksimal. Seperti halnya sistem antrian online di MPP Sewaka Dharma yang secara resmi telah beroperasi Senin (23/7). 
 
"Kami berharap dengan adanya sistem antrean serta pendaftaran berbasis online ini masyarakat lebih dipermudah dalam hal pelayanan publik, serta kenyamanan di MPP dapat terwujud," ujar Made Toya.
 
Lebih lanjut dikatakan, dengan adanya antrian dan pendaftaran online ini masyarakat dapat mengakses nomor antrean melalui gawai masing-masing yang telah dilengkapi dengan sistem android. Sehingga, antrean dengan menggunakan barang berupa map, kertas dan lain sebagainya dapat diminimalisir sehingga suasana pelayanan menjadi lebih nyaman. 
 
"Dengan adanya pola antrean dan pendaftaran online masyarakat yang memiliki kesibukan juga dapat memaksimalkan waktunya, dan suasana tertib serta kenyamanan dapat terlihat di MPP Sewaka Dharma, Denpasar," ungkapnya.
 
Sementara, Kasubag Pengumpulan Informasi dan Dokumentasi Bagian Humas Setda Kota Denpasar, I Wayan Hendaryana mengatakan bahwa selain menerapkan sistem antrean dan pendaftaran berbasis online, pendaftaran dan antrean secara manual tetap dilaksanakan. Hanya saja, untuk waktu pengambilan nomor antrean dan pendaftaran secara manual dilaksanakan mulai pukul 07.45 wita dan pelayanan kepada masyarakat dimulai pada pukul 08.00 wita. 
 
"Saat ini MPP akan dibuka pukul 07.45 wita, dan masyarakat akan mengantre secara seksama setelah MPP resmi dibuka," ujar Hendar sapaan akrabnya.
 

Kendati demikian, pihaknya mengatakan pasti akan ada masyarakat yang berkeinginan kembali ke pola lama. Karenanya diperlukan sosialisasi  yang maksimal sehingga informasi di masyarakat tersampaikan dengan jelas. "Seiring berjalannya waktu semua pihak pasti akan mampu menerima berbagai inovasi yang tentunya merupakan upaya Pemkot Denpasar untuk memaksimalkan pelayanan publik bagi masyarakat kota, dengan terus melaksanakan evaluasi sebagai upaya mewujudkan pelayanan prima secara maksimal" ungkapnya, sembari mengatakan langkah ini untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan bersama dalam menerima dan melakukan pelayanan di dalam gedung Sewaka Dharma. 
 
Untuk diketahui, Disdukcapil Kota Denpasar memberikan pelayanan antrean sebanyak 400 nomor, dan pelayanan SIM terdapat 50 nomor. Khusus untuk antrean dan pendaftaran berbasis online pada Disdukcapil dapat di akses melalui website (akuwaras.denpasarkota.go.id) memberikan pengambilan antrean online meliputi pendaftaran KK, Akte, SKTT, KTP WNA dan Surat Pindah, dengan layanan mencapai 100 nomor yang berlaku di hari bersamaan saat mendaftar. (bbn/rlsdps/rob) 
 


Senin, 23 Juli 2018 | 14:25 WITA


TAGS: MPP kota Denpasar Disduskcapil Layanan SIM Antrean Online



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: