Antisipasi Erupsi, Pengungsi Masih Meninggalkan Beberapa Barang

Rabu, 01 Agustus 2018 | 09:15 WITA

Antisipasi Erupsi, Pengungsi Masih Meninggalkan Beberapa Barang

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Karangasem. Meski para pengungsi sebanyak 203 orang dari 25 KK warga Banjar Telungbuana, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem di banjar Bencingah, desa Duda kembali ke tempatnya masing-masing, namun barang-barang seperti terpal, tika kasur dan alat memasak masih ditinggalkan untuk antisipasi jika Gunung Agung kembali erupsi.
 

Sejak 3 Juli 2018 lalu, warga banjar Telungbuana memutuskan untuk kembali ke tempatnya masing-masing pada Selasa (31/07) sekitar pukul 15.30 wita. Keputusan ini diambil oleh para pengungsi sendiri lantaran merasa situasi Gunung Agung sudah sedikit cukup aman. Hal ini diungkapkan I Made Putra selaku koordinator pengungsi yang menilai kondisi Gunung Agung saat ini cukup aman. Selain itu, para warga juga merasa sudah cukup lama berada di pengungsian dan ingin kembali ke rumahnya masing-masing.
 
"Kami sudah cukup lama ngungsi, situasi juga sudah cukup landai, Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah sangat peduli kepada kami," kata Made Putra.
 
Sebelum para pengungsi ini pulang, terlebih dahulu dilakukan acara pelepasan yang dihadiri pihak pengurus masing-masing Desa dan juga relawan Pasebaya Gunung Agung. Selain itu, para pengungsi juga diberikan mitigasi dan edukasi oleh relawan Pasebaya Agung sehingga masyarakat selalu siap apabila terjadi situasi darurat. 
 
"Kita berikan edukasi agar selalu lengkapi diri dengan APD. Dan mengingatkan untuk selalu monitor baik frekwensi radio maupun informasi nelalui hp serta ikuti arahan dari pemerintah," kata Sekreteris Pasebaya I Wayan Suare Arsana. (bbn/igs/rob)


Rabu, 01 Agustus 2018 | 09:15 WITA


TAGS: Antisipasi Erupsi Pengungsi Karangasem



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: