Tari di Bali Tak Sekadar Pertunjukkan Hiburan

Minggu, 05 Agustus 2018 | 11:04 WITA

Tari di Bali Tak Sekadar Pertunjukkan Hiburan

istimewa

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Tari bagi masyarakat Bali bukanl sekadar pertunjukan sekuler dan hiburan. Tari di Bali juga erat hubunganya dengan dengan upacara keagamaan maupun penangkal sihir atau bala penyakit. Hal tersebut terungkap dalam sebuah Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, volume 1, Nomor 2 tahun 2000.

Dalam artikel berjudul “Tari Bali : Sebuah Telaah Historis” yang ditulis oleh V Eny Iryani diungkapkan bahwa beberapa tari Bali merupakan tari yang bersifat sakral. Tari yang bersifat sacral memiliki dinamika musik yang mengalun cepat, dari lembut mendadak keras atau sebaliknya. Ditambah getaran tubuh, tangan atau jari dan lemparan bola mata penari ke kiri dan ke kanan mengikuti hentakan kendang, membuat tari ini terkesan angker.

Dalam artikel tersebut diungkapkan bahwa Bali merupakan museum hidup jaman Hindu-Jawa, karena di Balil sebagain besar unsur Hindu masih hidup bahkan merasuki kesenian. Hingga Cavarrubias, seornag ahli kebudayaan asal Cuba yang pernah hidup cukup lama di Bali, mengatakan bahwa Bali bagaikan dunia tersendiri yang terpisahkan dari dunia lain karena keistimwaannya.

Salah satu tari Bali yang amat angker di Bali dan diduga peninggalan kebudayaan pra-Hindu adalah tari Barong. Barong adalah binatang mitologi yang dianggap sebagai pelindung. Jika dilihat dari bentuk tapel-tapel Barong yang dijumpai di Bali, nampak adanya perpaduan antara kebudayaan Hindu dengan kebudayaan Bali Kuna.

.Barong diwujudkan dalam bentuk-bentuk binatang berkaki empat. Hampir semua topeng binatang di Bali disebut barong. Terdapat bermacam-macam barong yang dijumpai di Bali, seperti barong Macan, Barong Bangkal, Barong Anjing, Barong Gajah, Barong Sapi, dan lain-lainnya.[bbn/mul]


Minggu, 05 Agustus 2018 | 11:04 WITA


TAGS: Tari Bali Sakral



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: