Sesetan Karnaval II Siap Digelar Bertemakan Aku Cinta Keberagaman

Jumat, 10 Agustus 2018 | 18:50 WITA

Sesetan Karnaval II Siap Digelar Bertemakan Aku Cinta Keberagaman

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Denpasar. Dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73, Pekan Olahraga Kelurahan, dan memberikan ruang bagi seluruh kalangan untuk berekspresi, Kelurahan Sesetan kembali menggelar Sesetan Karnaval II. 
 

Kegiatan yang akan digelar pada 12-17 Agustus mendatang ini mengangkat tema ‘Aku Cinta Keberagaman’, dari kegiatan ini diharapkan mampu menjadi wadah kreatifitas beragam kalangan di lingkungan Kelurahan Sesetan. Hal ini terungkap saat Panitia Sesetan Karnival II beraudiensi dengan Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, Jumat (10/8) di kediaman Walikota.
 
Hadir dalam kesempatan tersebut, Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, IGN Ngurah Mataram, Kadis Pariwisata Kota Denpasar, MA Dezire Mulyani, Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Raka Purwantara, Camat Denpasar Selatan, I Wayan Budha, Lurah Sesetan, NI Ketut Sri Karyawati, Ketua Panitia Sesetan Karnaval II, I Made Suarta, serta seluruh jajaran panitia.
 
Ketua Panitia Sesetan Karnaval II, I Made Suarta saat diwawancarai mengatakan bahwa pada gelaran Sesetan Krnaval II ini terdaat empat bidang yang dikolaborasikan. Seperti halnya bidang ekonomi, olahraga, seni budaya dan pendidikan. Sehingga potensi-potensi yang ada di Kelurahan Sesetan mendapatkan ruang dalam berkreatifitas. 
 
“Melalui kegiatan ini kami harapkan keempat bidang tadi (seni budaya, olahraga, ekonomi dan pendidikan) dapat terkolaborasikan dengan baik dan mampu menumbuhkan kreatifitas masyarakat dalam mendukung tumbuh kembangnya ekonomi kreatif,” paparnya.
 
Dari empat bidang tersebut, Suarta mengatakan untuk bidang seni budaya turut difasilitasi pawai dengan menanmpilkan beragam kesenian yang ada di masing-masing banjar. Selain itu, turut dipentaskan beragam kesenian yang salah satunya adalah Janger Lansia serta pawai kesenian dengan menampilkan ciri khas masing-masing banjar dan kesenian lintas agama sebagai wujud hubungan harmonis antar umat beragama. Pada bidang olahraga turut dilaksanakan beragam lomba yang tergabung dalam Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) pada sajian Porkel Keluruhan Sesetan.
 
Untuk bidang ekonomi, dalam gelaran kali ini turut didiakan 20 stand guna mewadahi UMKM lokal dalam memasarkan produknya. Dan khusus di bidang pendidikan, turut dilaksanakan beragam lomba dan penyuluhan yang berkaitan dengan pendidikan formal maupun non formal. “Karena partisipasi masyarakat terus meningkat maka pengembanga kegiatan terus dilaksanakan dalam upaya memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menggali potensi, serta melestarikan dan mengembangkan seni budaya di Sesetan,” ungkapnya.
 

Sementara, Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra mengapresiasi gelaran Sesetan Karnaval II thun 2018 ini dengan mewadahi beragam bidang pemberdayaan masyarakat. Seperti halnya bidang seni budaya, ekonomi, olahraga dan pendidikan. Dimana, Rai Mantra mengatakan kegiatan semacam ini sangat efektif dalam memberikan ruang bagi masyarakat dalam menggali potensi sekaligus melestarikan seni dan budaya Bali. selain itu, sinergitas antar lembaga adat dan dinas tentu sangat baik dalam menggali potensi desa menuju kesejahteraan masyarakat.
 
Rai Mantra menambahkan, dalam setiap gelaran karnaval atau festival, hal yang penting untuk diperhatikan yakni kearifan lokal. Sehingga nilai budaya, nilai ekonomi, nilai sosial serta nilai lingkungan dalam sebuah daerah dapat tumbuh dan bermanfaat dengan maksimal. “Jadi dalam setiap sajian kegiatan, tentu yang penting untuk ditunjukan adalah kearifan lokal di tengah derasnya arus modernisasi sebagai upaya menjaga tradisi, kesenian dan budaya Bali khususnya Kota Denpasar yang adi luhung dan metaksu,” jelasnya. (bbn/rlsdps/rob)
 


Jumat, 10 Agustus 2018 | 18:50 WITA


TAGS: Sesetan Karnival Denpasar Kearifan Lokal



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: