Klungkung Gelar Lomba Sepeda Hias Usung Konsep Kearifan Lokal

Minggu, 12 Agustus 2018 | 16:05 WITA

Klungkung Gelar Lomba Sepeda Hias Usung Konsep Kearifan Lokal

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Klungkung. Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung Dewa Gde Darmawan melepas Lomba Sepeda Hias dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, bertempat di Depan Pendopo Puri Agung Klungkung pada Minggu (12/8).
 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung Dewa Gde Darmawan menyatakan bahwa lomba sepeda hias dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 memiliki kriteria penilaian antara lain ketrampilan mengendarai sepeda, kepatuhan terhadap peraturan yang disusun oleh  panitia dan lalu lintas dan kriteria lainnya. Untuk hiasan pada sepeda peserta, panitia memberikan ketentuan agar peserta menggunakan konsep  kearifan lokal baik menggunakan barang bekas, ataupun barang-barang yang dapat didaur ulang. 
 
Dalam Lomba Sepeda Hias ini diisi dengan 3 kali pertunjukan, satu pertunjukan dipentaskan di sepanjang jalan dari pendopo Puri Agung Klungkung menuju Depan Monumen Puputan Klungkung, kemudian di Depan Monument Puputan Klungkung  para peserta akan kembali menampilkan dua buah pertunjukan. ketiga pertunjukan tersebut dipentaskan dengan  waktu maksimal 15 menit. Masing-masing Kecamatan di Klungkung Daratan mengikutsertakan satu perwakilan yang terdiri dari lima siswa dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK yang ada di Kecamatan masing-masing. 
 
Menurut Salah seorang koordinator dari Gugus 4 SD Sekecamatan Banjarangkan I Dewa Ketut Dharma Yohandar menyampaikan Gugus 4 SD Sekecamatan Banjarangkan memiliih tema kepahlawanan sebagai tema dalam lomba Sepeda Hias karena untuk lebih menghargai jerih payah para pahlawan bangsa yang sudah berjuang untuk kemerdekaan Republik Indoensia. Selebihnya I Dewa Ketut Dharma Yohandar, menyatakan dalam persiapan mengikuti lomba Sepeda Hias, Gugus 4 SD Sekecamatan Banjarangkan membutuhkan waktu 8 hari untuk melakukan persiapan mulai dari pertunjukan yang akan dipentaskan serta hiasan yang akan digunakan dalam mengikuti lomba sepeda Hias.
 

Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra dalam sambutannya sebelum melepas Lomba Sepeda Hias menyampaikan Lomba Ini memiliki tujuan untuk membangun pendidikan karakter pada siswa yakni pendidikan karakter dalam bidang kedisiplinan. Gede Putu Winastra mengharapkan melalui Lomba Ini, para peserta jadi memiliki beberapa inovasi dalam mengolah barang bekas untuk menjadi lebih bermanfaat sebagai hiasan. 
 
Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta turut menyaksikan lomba sepeda hias didampingi Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemerintah Kabupaten Klungkung Ida Bagus Anom Adnyana, dan undangan terkait lainnya. (bbn/rlsklk/rob)


Minggu, 12 Agustus 2018 | 16:05 WITA


TAGS: Lomba Sepeda Hias Klungkung Konsep Kearifan Lokal



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: