Terakreditasi A, Persaingan Masuk Fakultas Pertanian Unud Makin Ketat.

Senin, 20 Agustus 2018 | 15:30 WITA

Terakreditasi A, Persaingan Masuk Fakultas Pertanian Unud Makin Ketat.

Sarjana

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Badung. Persaingan untuk masuk sebagai mahasiswa Fakultas Pertanian (FP) Universitas Udayana (Unud) semakin ketat. Perbandinganya 11:1, yang artinya dari 11 pelamar hanya satu yang diterima, sehingga mahasiswa yang diterima merupakan mahasiswa pilihan.

“Artinya dari 11 pelamar hanya satu yang diterima maka kalian sangat beruntung. Kalian bukanlah SDM ecek-ecek tetapi manusia terpilih. Banggalah, jadi mahasiswa pertanian,” ujar Dekan Fakultas Pertanian Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. I Nyoman Rai, MS saat membuka Pengenalan Kehidupan Kampus  Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Pertanian Unud di Kampus Bukit Jimbaran, Senin (20/8/2018).

Lebih lanjut, Prof. Rai menambahkan bidang pertanian memiliki peran penting dalam menopang keberlanjutan pembangunan di Indonesia, karena pertanian memiliki peran strategis. Berbagai aspek keilmuan berkaitan langsung dengen pertanian seperti lingkungan, ekonomi, sosial dan budaya.

Penerapan program pembangunan seperti penyelamatan lingkungan, ketahanan pangan, pengentasan kemiskinan mesti masuk dari bidang pertanian. Hal ini berarti lulusan Fakultas Pertanian memiliki peluang kerja atau peluang bisnis yang luas. “ Pertanian boleh dikatakan aspek riil dari aktivitas ekonomi di masyarakat,” kata Prof. Rai.

Menurut Prof Rai, mahasiswa baru FP harus mampu memanfaatkan peluang yang terbuka lebar itu nantinya. Syarat utamanya tentu mahasiswa harus mengasah hard skill yakni peningkatan wawasan, ketramian dan prilaku profesionalisme di bidang pertanian tanpa melupakan soft skill yaitu kemampuan komunikasi dan bekerja dalam kelompok.

FP Unud, Lanjut Prof. Rai, menjadi tempat yang tepat bagi mahasiswa mengembangkan diri. Secara administratif, seluruh Prodi S1 sudah terakreditasi A, dan fasilitasnya semakin lengkap dan memadai. FP Unud punya lab,tegasnya, kebun percobaan yang bagus. Kebun Percobaan segera akan diumumkan ke masyarakat sebagai destinasi urban-agro-edu wisata.

Wakil Dekan I Bidang Akademik Dr.  Ketut Suamba menjelaskan tahun 2018 FP Unud menerima 303 mahasiswa baru, dengan rincian Prodi Agribisnis sebanyak 157 mahasiswa, Agroekoteknologi 99 mahasiswa, dan arsitektur lanskap 47 mahasiswa. [bbn/Sarjana/mul]


Senin, 20 Agustus 2018 | 15:30 WITA


TAGS: Persaingan Masuk Fakultas Pertanian Unud Ketat



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: