BPK Periksa Kinerja Dana Desa dan Pengelolaan Sampah Denpasar

Selasa, 28 Agustus 2018 | 17:15 WITA

BPK Periksa Kinerja Dana Desa dan Pengelolaan Sampah Denpasar

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Denpasar. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Bali melakukan pemeriksaan pendahuluan terhadap kinerja dana desa dan pengelolaan sampah. Hal ini terungkap saat kunjungan Tim BPK yang dipimpin Kepala Sub Auditorat Bali II, IGN Satria Perwira ke Kantor Walikota Denpasar, Selasa (28/8). 
 

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan bahwa dalam memaksimalkan kinerja komunikasi dan koordinasi hingga ke lapisan terbawah adalah hal yang utama. Layaknya komunikasi yang dilakukan dengan masing-masing kepala lingkungan, agar senantiasa menjembatani setiap informasi dan kebijakan pemerintah. 
 
“Saran-saran masyarakat termasuk keluhan sekalipun juga selalu diterima, terlebih dengan adanya Pro-Denpasar,” ungkapnya.
 
Sosoknya berharap agar hasil monitoring yang dilakukan BPK dapat memberikan masukan positif khususnya untuk mengeluarkan kebijakan dan inovasi-inovasi lainnya mengkhusus tentang maksimalisasi pemanfaatan dana desa dengan positif dan pengelolaan sampah di Kota Denpasar. “Kita tahu bahwa sampah di Kota Denpasar berasal dari berbagai sumber jadi memang perlu usaha lebih keras lagi untuk bisa memaksimalkan penanganan sampah, adanya sekolah pasar juga menjadi inovasi untuk menanamkan karakter cinta kebersihan sejak dini,” terangnya.
 
Sementara itu, Kepala Sub Auditorat Bali II, IGN Satria Perwira, yang juga merupakan  penanggung jawab pemeriksaan mengatakan upaya yang dilakukan Pemkot Denpasar sudah sangat baik dalam dua aspek yang diperiksa. Pembinaan serta pengawasan dana desa sudah dilakukan sejak 25 Juli-16 Agustus 2018, sedangkan pemeriksaan kinerja pengelolaan sampah telah dilakukan sejak  30 Juli-28 Agustus 2018
 
“Tim dalam pemeriksaan pendahuluan ini memverifikasi hambatan-hambatan yang dialami dilapangan, sehingga dapat dicarikan solusi bersama,” ungkapnya.
 

Lebih lanjut disampaikan bahwa selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan terinci, sekitar bulan September. “Kita akan kembali melakukan pemeriksaan terinci, artinya lebih detail, mungkin sekitar pertengahan bulan September,” terangnya. 
 
Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga mengucapkan terima kasih karena selama proses pemeriksaan Pemkot Denpasar sangat menerima dengan baik, dan dapat bekerjasama memberikan data yang relevan. “Terima kasih tentunya kami ucapkan karena sudah diterima dengan sangat baik, dan kami sepakat tentang keterlibatan masyarakat merupakan hal yang sangat penting,” tambahnya.  (bbn/rlsdps/rob)


Selasa, 28 Agustus 2018 | 17:15 WITA


TAGS: BPK Pemkot Denpasar Periksa Dana Desa Pengelolaan Sampah



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: