Antisipasi Pencurian Data, Klungkung Sosialisasi Keamanan Informasi

Jumat, 31 Agustus 2018 | 15:35 WITA

Antisipasi Pencurian Data, Klungkung Sosialisasi Keamanan Informasi

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Klungkung. Perkembangan teknologi saat ini sangat rentan akan terjadinya kasus pencurian data dan informasi dalam jaringan komputer oleh Peretas (Hacker). Mengantisipasi pencurian data dan informasi tersebut, Pemkab Klungkung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mengadakan sosialisasi keamanan informasi. Sosialisasi menghadirkan narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pusat.
 

Sosialisasi dibuka Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, di ruang rapat Dinas Pertanian Klungkung, Jumat (31/8/2018). Kegiatan yang dilaksanakan sehari ini dihadiri puluhan peserta dari Organisasi Perangkat daerah (OPD) Kabupaten Klungkung. 
 
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya meminta kepada OPD dilingkungan Pemkab Klungkung agar apa yang disampaikan pemateri dapat disimak dengan baik dan meminta di masing-masing OPD harus ada minimal 2 orang yang bertugas sebagai admin dalam hal mengamankan informasi di masing-masing OPD di Lingkungan Pemkab Klungkung. 
 
Bupati Suwirta meminta Kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Klungkung  agar menindaklanjuti  kegiatan sosialisasi ini agar jangan sampai keamanan informasi di masing-masing OPD tidak terjaga dengan baik.
 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Klungkung I Wayan Parna dalam laporannya mengatakan tema dari kegiatan Sosialisasi ini antara lain, paradigma siber dan kesadaran informasi. Adapun tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk menyadarkan pengelola informasi di lingkungan Pemkab Klungkung agar melindungi aset pemkab Klungkung dari berbagai bentuk ancaman baik dari dalam maupun luar pemerintahan, yang dilakukan sengaja maupun tidak sengaja.
 
Pengamanan ini diberikan untuk menjamin kerahasiaan (confidentiality), keutuhan (integrity), ketersediaan (availability) aset informasi agar selalu terjaga dan terpelihara dengan baik. Aset informasi yang dimaksud adalah seluruh data data meliputi dokumen software aplikasi, system informasi, system basis data perangkat computer, perangkat jaringan komunikasi dan media penyimpanan.
 

Peserta sosialisasi berasal dari OPD dilingkungan Pemkab Klungkung selaku pengelola informasi di Lingkungan Pemkab Klungkung. Sumber pendanaan berasal dari APBD Kabupaten Klungkung dan anggaran Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).
 
Adapun pembicara dalam sosialisasi ini antara lain,bersal dari Direktorat Proteksi Pemerintah, Deputi Proteksi Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia, yakni  Pengelola Data Keamanan Siber dan Sandi Bapak Ariful Mustaqim, S.ST., MP dan Sandiman Muda Badan Siber dan Sandi Negara Bapak Welly Puji ginajar, S.ST., S.Sos. para pemberi materi sosialisasi, memberikan beberapa materi diantaranya  keamanan dalam menggunakan internet (cyber security), Contoh Kejadian yang diakibatkan oleh peretas, Sumber Kerawanan Serangan pada Internet yang terbagi menjadi 3 jenis, yakni Software/Aplikasi, Jaringan/Network, Prosedur, dan dari Security Awarness, dan Bagaimana cara mengelola informasi dengan baik serta menyampaikan mengenai tanda tangan elektronik. (bbn/rlsklk/rob)


Jumat, 31 Agustus 2018 | 15:35 WITA


TAGS: Sosialisasi Keamanan Informasi Antisipasi Pencurian Data Pemkab Klungkung



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: