Kidung Warga Sari Sebagai Terapi Tambahan Penanganan Hipertensi Pada Lansia

Selasa, 04 September 2018 | 06:07 WITA

Kidung Warga Sari Sebagai Terapi Tambahan Penanganan Hipertensi Pada Lansia

Muliarta

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Kidung warga sari terbukti dapat digunakan sebagai terapi tambahan dalam penanganan hipertensi pada warga lanjut usia (lansia). Kidung yang berirama lembut saat didengarkan akan membawa perasaan kearah ketenangan. Demikian teruangkap dalam artikel berjudul “Pengaruh Budaya Bali Kidung Warga Sari Terhadap Tekanan Darah Pada Lansia di Banjar Celuk Desa Dalung Badung” yang di publikasikan dalam Jurnal Dunia Kesehatan, Volume 5 Nomor 2 Tahun 2016.

Peneliti I Wayan Artana dari Program Studi S1 Keperawatan, STIKES Bina Usada Bali memberikan analisis bahwa pengaruh kidung warga sari terhadap tekanan darah lansia memperlihatkan ada perbedaan signifikan antara tekanan darah sistolik lansia sebelum diberikan kidung warga sari dengan setelah diberikan kidung warga sari. Begitu juga tekanan darah diastolic memperlihatkan hal yang sama.

Penelitia yang dilaksanakan di Banjar Celuk Desa Dalung Badung pada bulan April hingga Mei 2016 melibatkan 39 orang dengan usia 60-74 tahun yaitu 32 orang (82,1%), dan usia 75-90 tahun sebanyak tujuh orang (17,9%). Perlakuan nyanyian Kidung warga Sari diberikan 4 kali dalam seminggu selama 1 bulan. Dengan setiap sesi bernyanyi kidung diulang sebanyak 2 kali.

Peneliti memberikan ulasan bahwa tekanan darah juga dipengaruhi oleh keadaan emosi seseorang, karena emosi akan mengakibatkan dikeluarkannya hormone-hormone yang dapat mempengaruhi tekanan darah. keadaan emosi yang waspada akan merangsang dikeluarkannya hormone yang dapat meningkatkan tekanan darah, sedangkan keadaan emosi yang senang, tenang akan merangsang dikeluarkannnya hormone yang menyebabkan relaksasi. kidung warga sari merupakan suatu nyanyian yang bila dinyanyikan dengan penuh khidmat akan membuat suasana hati yang damai, tenang, bahkan gembira.

Bali mempunyai pertumbuhan lansia rata rata sebesar 1,8 persen per tahun. Pada tahun tahun 2015 jumlah lansia di Bali lebih kurang 432.000 orang (11,4%). Kabupaten Badung, pada tahun 2014 jumlahpenduduknya sebesar 309.300 jiwa, dimana jumlah lansia mencapai 40.589 orang.[bbn/duniakesehatan/mul]


Selasa, 04 September 2018 | 06:07 WITA


TAGS: Lansia Kidung Warga Sari Hipertensi



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: