Antisipasi Lahar Dingin, Dinas PUPR Karangasem Normalisasi 9 Sungai

Jumat, 07 September 2018 | 23:45 WITA

Antisipasi Lahar Dingin, Dinas PUPR Karangasem Normalisasi 9 Sungai

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Karangasem. Untuk mengantisipasi apabila terjadi aliran lahar dingin material Erupsi Gunung Agung, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Karangasem menormalisasi sembilan aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.
 
 
Menurut Wiguna, sungai-sungai yang menjadi prioritas untuk dinormalisasi yakni aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung atau punya riwayat teraliri lahar dingin pada letusan Gunung Agung 1963 dan berdekatan dengan tempat umum seperti pemukiman dan tempat ibadah.
 
Sementara itu, untuk pendanaan normalisasi ini melalui APBD Induk tahun 2018. Untuk satu paket normalisasi dianggarkan Rp180 juta, dengan rata-rata panjang sungai yang dinormalisasi 300 sampai 400 meter lebar 8 sampai 11 meter sedalam 6 meteran.
 

Hanya saja, diakui Wiguna sampai saat ini usulan normalisasi sungai masih ada yang belum bisa terealisasi salah satunya adalah sungai kerkuk. Di satu sisi, Dinas PUPR Karangasem juga sudah mengusulkan ke Kementrian PUPR serta Balai Wilayah Sungai (BWS) Penida untuk menormalisasi 10 daerah aliran suungai (DAS) yang tentunya mengacu dengan sejarah Erupsi Gunung Agung tahun 1963.
 
Dari seluruh usulan, tidak serta merta semuanya disetujui, ada berapa yang ditolak lantaran dianggap sungai berada jauh dari pemukiman karena yang diprioritaskan sungai sungai yang berada di dekat permukiman. (bbn/igs/rob) 


Jumat, 07 September 2018 | 23:45 WITA


TAGS: Dinas PUPR Karangasem Normalisasi Sungai 9 Sungai Berhulu di Gunung Agung Lahar Dingin



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: