Pembangunan Helipad di Karangasem Akan Dikaji Dampak Lingkungannya

Selasa, 11 September 2018 | 17:05 WITA

Pembangunan Helipad di Karangasem Akan Dikaji Dampak Lingkungannya

bbn/pixabay

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Karangasem. Rencana pembangunan landasan helikopter (Helipad) di Karangasem oleh perusahaan penyedia jasa helikopter akan dikaji dampak lingkungannya dan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar lokasi agar sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku.   
 

Camat Manggis, Ida Nyoman Astawa mengatakan dirinya tetap memperhitungkan dampak lingkungan yang akan ditimbulkan, seperti suara bising, tekanan angin yang besar dan lain sebagainya. Untuk itu, sebelum benar benar diputuskan dirinya berharap agar terlebih dahulu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar lokasi yang dimaksud dan alur prosesnya sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku.
 
Kendati demikian, ia menilai saat ini rencana tersebut sifatnya baru sebatas presentasi dan informasi oleh pihak penyedia jasa kepada Bupati dan OPD teknis terkait.
 
"Pembuatan landasan Helipad sifatnya presentasi dan informasi awal dari penyedia jasa kepada Bupati dan OPD terkait, sedangkan untuk sosialisasi kepada masyarakat di lokasi kegiatan belum dilakukan," ujarnya belaum lama ini.
 
Untuk Helipad yang rencananya dibangun, Camat Manggis melanjutkan dari pihak penyedia jasa akan membangun landasan khusus untuk Helikopter bermesin tunggal berbaling-baling dua dengan kapasitas 5 orang penumpang. Jika rencana pembangunan landasan ini benar-benar terjadi maka secara otomatis, menurut Astawa akan berpengaruh baik terhadap pajak Pemda. Turis turis yang memakai jasa helikopter sudah barang tentu mereka adalah turis yang kaya dan pastinya akan menciptakan lapangan pekerjaan.
 

Sebelumnya Kabupaten Karangasem dikabarkan bakal mempunyai landasan Helikopter. Kabar ini tersiar setelah pertemuan antara Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri dengan perwakilan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa layanan transportasi Helikopter beberapa waktu lalu.
 
Dari informasi yang dihimpun, rencananya lokasi pembangunan landasan Helikopter tersebut berada di wilayah Pengalon, Manggis, Karangasem. Landasan itu akan dibangun diatas lahan seluas 41 are milik salah satu warga dengan sistem sewa lahan. (bbn/igs/rob)


Selasa, 11 September 2018 | 17:05 WITA


TAGS: Helipad Karangasem Dampak Lingkungannya



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: