Hasil Riset Pilgub Bali: Terjadi Pergeseran dari Pemilih Ideologis ke Transaksional

Jumat, 14 September 2018 | 17:15 WITA

Hasil Riset Pilgub Bali: Terjadi Pergeseran dari Pemilih Ideologis ke Transaksional

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Tabanan. Riset IKIP Sarawati Tabanan tentang pelaksanaan Pilgub 2018 cukup mengejutkan, dimana disimpulkan telah terjadi pergeseran perilaku pemilih dari ideologis ke pemilih rasional pragmatis atau transaksional.
 

Hal itu terungkap dalam pemaparan hasil riset pilgub Bali yang dilakukan oleh IKIP Saraswati Tabanan,  di Kantor KPU Tabanan, Jumat ( 14 September 2018 ). 
Tim peneliti dari IKIP Sarawati Tabanan  yang diketuai Prof Nyoman Karmini dan Dr Made Kerta Adhi menjelaskan, penelitian dilakukan selama satu bulan di 30 Desa yang tersebar di 10 kecamatan. Setiap kecamatan diwakili  3 Desa. “Dipilih 3 desa di setiap kecamatan dengan katagori partisipasi pemilih terendah, sedang dan tertinggi,” jelasnya.  
 
Dari 30 desa itu dia meneliti sebanyak 400 sample di 30 desa yang diteliti. Dari kusioner yang sebar yang terdiri dari berbagai item, calon yang paling banyak dipilih adalah calon yang betul-betul merealisasikan janji-janji politiknya.
 
”Contohnya  janji membantu pembangunan bale banjar dan memang benar direalisasikanya,” tandasnya. 
 
Dan yang paling rendah dipilih adalah calon yang mengedepankan etnis atau ras dalam kampanye. Pemaparan hasil riset itu dibuka oleh Ketua KPU Tabanan Luh Darayoni didampingi komisioner KPU Tabanan I Gede Putu Weda Subawa dan Luh Made Sunadi. 
 

Komisioner KPU Tabanan I Gede Putu Weda Subawa mengatakan penetilitan itu merupakan program dari KPU Bali dalam pelaksanaan Pilgub Bali. “Tabanan mendapatkan tema perilaku pemilih,” tandasnya.  
 
Hasil penelitian ini akan dikirim ke KPU Bali untuk digabung dengan hasil penelitian lain dari seluruh Bali. Selain dihadiri peserta dari partai politik, pemaparan hasil riset pilgub Bali 2018 juga dihadiri oleh mahasiswa  perguruan tinggi yang ada di Tabanan yakni STISIP Margarana, Universitas Tabanan dan IKIP Saraswati, Kesbangpol, Kepolisian dan Bawaslu Tabanan. (bbn/nod/rob)  


Jumat, 14 September 2018 | 17:15 WITA


TAGS: Hasil Riset Pilgub Bali Pemilih Ideologis Pemilih Transaksional



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: