Akses Jalan ke Pura Tunggul Besi Putus, Pemedek Minta Segera Dibenahi

Selasa, 18 September 2018 | 08:49 WITA

Akses Jalan ke Pura Tunggul Besi Putus, Pemedek Minta Segera Dibenahi

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Karangasem. Akses jalan menuju Pura Kahyangan Jagat Tunggul Besi yang berada di Banjar Dinas Temukus, Besakih, Rendang, Karangasem belum bisa dilalui kendaraan sampai saat ini.
 

Kondisi ini sudah berlangsung sejak akhir tahun 2017 lalu, jalanan rusak akibat gerusan lahar hujan yang mengalir di Tukad Dedari. Sebelumnya kendaraan baik roda empat maupun roda dua bisa sampai diparkiran sebelah selatan Pura namun kini untuk sampai ke Pura Tunggul Besi para pemedek harus berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer melewati tukad dedari.
 
Kondisi ini diakui oleh Jero Mangku Kari yang sehari-hari ngayah di Pura Tunggul Besi. Dirinya berharap pemerintah memperhatikan kondisi jalan tersebut mengingat Pura Tunggul Besi adalah Pura Kahyangan Jagat.
 
Senada dengan salah seorang pemedek, I Wayan Sekep Aryana ketika tangkil ke Pura Tunggul Besi melihat kondisi akses jalan yang hancur bahkan untuk jalan kaki pun sulit dilalui. Dirinya berharap, untuk jangka pendek Pemerintah Kabupatan atau Provinsi agar bisa secepatnya membantu dengan mendatangkan alat berat untuk memperbaiki jalan yg terputus tersebut.
 
"Ya kalo sudah bisa dilalui selanjutnya bisa di aspal atau betonisasi," kata Sekep. (bbn/igs/rob)


Selasa, 18 September 2018 | 08:49 WITA


TAGS: Akses Jalan ke Pura Tunggul Besi Putus Pemedek Minta Segera Dibenahi



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: