Seksologi dr Oka Negara, FIAS

Bosan dan Jenuh Berhubungan Seks dengan Istri

Minggu, 07 Oktober 2018 | 08:18 WITA

Bosan dan Jenuh Berhubungan Seks dengan Istri

Beritabali.com/ilustrasi

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Tanya: Dok, saya sudah menikah lima tahun dengan istri saya dan telah memiliki seorang buah hati yang cantik berumur tiga tahun. Saya dua tahun lebih tua dari istri saya dan ingin bertanya apakah pasangan lain yang seusia atau serupa dengan kami sudah pada memiliki masalah yang sama dengan yang kami alami: bosan dan jenuh dalam berhubungan seksual, sehingga kadang hanya sekedar dijalani saja tanpa menikmati kepuasan seksual seperti waktu awal-awal dulu? Saya malah terkadang berpikir untuk berselingkuh, mengganti pasangan saya,karena godaan itu ada.” (Agus,29)
 
Jawab: Sebuah pertanyaan yang cukup mengejutkan tetapi sesungguhnya bisa jadi dirasakan sama oleh banyak pasangan lain. Tentang sebuah kebosanan. Yang mengejutkan adalah karena ada keinginan untuk menggantikan pasangan dengan orang lain.
 
Jika romantisme dan aktivitas seksual yang dilakukan selama ini sudah mulai terasa hambar dan tanpa rasa. Kebosanan melanda. Silakan saja berpikir untuk “mengganti pasangan Anda”. Tapi, jangan terjebak. Tentu saja maksudnya bukannya pasangan kita diganti dengan pasangan yang baru. Sama sekali bukan. Yang dimaksud adalah merubah pasangan kita untuk kembali lebih bergairah, menjadi lebih menarik, menjadi lebih segar, menjadi lebih bersemangat, sehingga bara api romantisme dan seksual yang selama ini meredup, akan dapat menyala kembali dengan penuh luapan gairah, seperti di awal pertemuan, atau malah lebih dari itu. 
 
Kebosanan dalam seks memang sering terjadi. Tidak lagi menyenangkan seperti saat masih pengantin baru atau di awal aktivitas seksual dilakukan, dan hanya terkesan rutinitas yang itu-itu saja. Sesungguhnya masih banyak cara yang bisa dilakukan pasangan untuk tetap membuat suasana tetap hangat membara. Dengan merubah semua yang membuat bosan pada pasangan, termasuk juga pada diri Anda. Sebelum melakukan perubahan, perlu dicari tahu dulu, apa yang menyebabkan terjadi penurunan romantisme dan gairah bersama. Beberapa masalah berikut sering kali menjadi penyebabnya:
 
1.Kurang Romantis
 
Jika Anda berdua selama ini bersikap biasa-biasa saja, tidak mengherankan kalau hubungan berubah menjadi dingin. Ibarat kopi panas yang walaupun nikmat tetapi jika didiamkan lama juga akan jadi dingin dan tidak lagi nikmat. Kejenuhan pekerjaan yang seakan tak ada habisnya serta segala kesibukan dari hari ke hari memang membuat kita kerap lupa memberikan perhatian pada pasangan kita. Bahkan sering melupakan betapa berartinya pasangan kita, dan melupakan melewatkan waktu bersamanya.
 
2. Foreplay Tidak Pernah Maksimal
 
Seks merupakan hal yang menggairahkan, terasa menyenangkan dan bisa dilakukan berulang-ulang kali. Bisa jadi itu dulu, dan tidak lagi dirasakan saat ini. Saat ini malah bisa dirasakan seks yang membosankan dan hanya berlangsung beberapa menit saja. Penyebab paling sering adalah kurangnya foreplay. Banyak pasangan yang tidak tahu atau malah melewatkan sesi ini dengan menganggapnya tidak penting. Tentu saja itu keliru.
 
3. Tidak Pernah Mencoba Hal-hal Baru
 
Setiap sesi hubungan seksual juga memiliki arti memberi kesempatan untuk saling berbagi kesenangan pada pasangan. Berhubungan seksual dengan gaya yang sama dari waktu ke waktu tentunya akan menjadi sesuatu yang membosankan. Luapkan fantasi Anda, mainkan peran-peran yang berbeda, kenakan busana yang menggoda. Bisa juga bermain-main dengan pencahayaan, bermain peran tertentu yang bisa membangkitkan gairah semisal menjadi perawat seksi, dokter seksi dan apa pun yang ingin Anda lakukan di ranjang. Pasti akan menjadi seru.
 
Solusi. Jadikanlah pasangan Anda menjadi orang baru kembali. Kembali segar dan menggairahkan, karena ini baik buat Anda dan baik juga buat dia. Rasakan kembali sensasi dari sekedar merubah pasangan menjadi “terlihat baru”. Dan momentum hari-hari spesial seperti hari kasih sayang, hari ulang tahun, hari ulang tahun perkawinan adalah momentum yang paling tepat untuk melakukannya. Tapi, tentu saja harus ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai langkah-langkah membuatnya jadi berhasil.
 
Bicarakan berdua
 
Tentu saja jangan meminta pasangan dengan tiba-tiba dan memaksa. Semua perlu dibicarakan dulu, berdua. Sampai benar-benar disetujui bersama. Tentu saja pilih waktu yang luang dan lebih menyenangkan buat membicarakannya. Sampaikan semua keinginan dengan lepas, sampai mendapat kesepakatan bersama.
 
Diskusikan cara mengatasi kebosanan
 
Jika ingin memperbaiki kehidupan seks Anda, maka ini adalah sebuah keharusan. Tidak ada kan yang ingin kehidupan seksnya membosankan terus? So, pastikan Anda sudah memberanikan membahas semua penyebab kebosanan dengan pasangan. Beranikan diri untuk meminta pasangan untuk lebih romantis. Beranikan diri untuk meminta pasangan untuk lebih berani dan lebih lama untuk melakukan eksplorasi foreplay. Dan beranikan diri untuk meminta pasangan buat melakukan hal-hal yang baru di ranjang.
 
Lakukan perubahan!
 
Pada akhirnya Anda sesungguhnya sudah meminta pasangan untuk berubah. Berubah menjadi lebih romantis, lebih berani melakukan foreplay yang maksimal dan mencoba hal-hal baru. Berikan sentuhan tambahan dengan membuat pasangan lebih segar dengan mengajak berolah raga dan hal-hal yang menyehatkan sebelumnya, menambah sentuhan sensualitas dengan wewangian baru, suasana baru, pakaian yang lebih segar dan menggoda, tampilan yang lebih seksi dan segar, bisa saja dengan merapikan rambut dan jambang misalnya, buat semuanya menjadi berubah lebih menarik lagi. Lakukan klimaks perubahan pada hari-hari spesial, dan saat itu sudah dilakukan, Anda sudah berhasil melakukan “mengganti pasangan Anda!”
 
Buat kejutan lagi
 
Jangan berhenti sampai di sana. Lakukan kejutan-kejutan lagi. Bisa dengan memberikan hadiah pasca berhubungan seksual seperti makanan kesukaan, coklat lezat yang memikat, tontonan video romantis di kamar tidur, atau malah ajak lagi untuk melakukan hubungan seksual yang masih membara di babak selanjutnya. Jadikanlah sesi “dessert” menjadi sangat berkesan dan tak terlupakan. [bbn/dr oka negara/psk]


Minggu, 07 Oktober 2018 | 08:18 WITA


TAGS: seksologi sex oka negara



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: