Penerbangan Rusia-Bali Resmi Dibuka, Kunjungan Wisman Ditarget Naik Jadi 145 Ribu

Selasa, 30 Oktober 2018 | 08:08 WITA

Penerbangan Rusia-Bali Resmi Dibuka, Kunjungan Wisman Ditarget Naik Jadi 145 Ribu

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Badung. Maskapai penerbangan asal Negara Rusia, Aeroflot-Rossiya Airlines resmi membuka rute penerbangan Moskow–Denpasar pada Senin, (29/10). 
 

Pesawat mendarat pukul 08.20, setelah sebelumnya lepas landas (take off) dari Bandar Udara Sheremetyevo di kota Moskow pada Minggu (28/10)pukul 15.05 waktu setempat. Berdasar data manifest penumpang, tercatat sebanyak 297 penumpang diangkut oleh pesawat tipe Boeing 777-300ER. Melalui perjanjian bisnis antara kedua maskapai (codeshare agreement) tersebut, penerbangan akan mengambil rute penerbangan langsung (direct flight) dari Moskow ke Denpasar dengan jarak tempuh sejauh 10.600 km.
 
"Hari ini adalah salah satu hari bersejarah dalam hubungan kedua negara. Sebelumnya memang ada penerbangan langsung pada 30 tahun yang lalu dan masih bersifat charter flight. Dengan adanya direct flight ini akan sangat bermanfaat, terutama bagi wisatawan,” ungkap Duta Besar M. Wahid Supriyadi disela acara tersebut.
 
Dilanjutkan, pada 2017 lalu, wisatawan dari Rusia ke Indonesia naik sebesar 37% dari tahun sebelumnya, menjadi sebanyak 110 ribu wisatawan. Dengan adanya penerbangan langsung ini, ditargetkan kunjungan sebanyak 35 ribu wisatawan dalam satu tahun yang diangkut oleh Rossiya, ditargetkan wisatawan akan meningkat menjadi 145 ribu.
 
“Hal ini merupakan wujud dari peningkatan hubungan dari kedua negara. Rusia merupakan salah satu dari lima besar negara Eropa penyumbang wisatawan ke Bali. Kami sangat senang dengan sambutan yang diberikan dan sangat mengesankan bagi kami,”jelasnya.
 
Disampaikan, menurut jadwal, penerbangan rute Moskow - Denpasar akan dilayani sebanyak tiga kali dalam seminggu, yaitu pada hari Rabu, Jumat dan Minggu, dengan nomor penerbangan SU-6295. Sedangkan untuk rute Denpasar-Moskow, dijadwalkan akan beroperasi saban hari Senin, Kamis, dan Sabtu. Penerbangan ini akan menggunakan nomor penerbangan SU-6296, dengan waktu keberangkatan pukul 10.05 Wita dan tiba di Moskow pada pukul 17.50 waktu setempat.
 
"Penerbangan ini merupakan realisasi dari slot penerbangan pada winter season.  Adanya  direct flight  ini menjadi bukti bahwa Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai mampu melayani penerbangan jarak jauh dengan pesawat berbadan lebar. Kesiapan infrastruktur seperti runway sepanjang 3.000 meter, apron, serta fasilitas penunjang seperti garbarata, menunjukkan bahwa Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai siap dengan penerbangan langsung jarak jauh," paparnya.
 

Saat ini, kata dia, jumlah wisatawan mancanegara asal Rusia yang dilayani oleh Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai hingga bulan September 2018 sebanyak 80.975 jiwa, naik 10,38% dari periode yang sama di tahun lalu, dari sejumlah 73.359 wisatawan. 
 
Sementara itu Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT. Angkasa Pura I (Persero), Devy Suradji menyebutkan saat ini Rusia belum masuk dalam 10 besar negara penyumbang wisatawan mancanegara. Untuk itu, ia berharapa dengan pembukaan rute ini, jumlah kunjungan dari Rusia meningkat pesat. (bbn/aga/rob)


Selasa, 30 Oktober 2018 | 08:08 WITA


TAGS: Penerbangan Langsung Rusia-Denpasar Kunjungan Wisman Ditarget Jadi 145 Ribu



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: