Sektor Konstruksi Kerek Naik Pertumbuhan Ekonomi Bali Triwulan III 6,24%

Rabu, 07 November 2018 | 15:30 WITA

Sektor Konstruksi Kerek Naik Pertumbuhan Ekonomi Bali Triwulan III 6,24%

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Denpasar. Persiapan infrastruktur pendukung dalam pertemuan tahunan IMF dan World beberapa waktu lalu mendorong pertumbuhan yang tinggi dari lapangan usaha konstruksi semenjak triwulan III 2018. 
 

Tercatat dibandingkan triwulan III 2017, pencapaian pertumbuhan ekonomi Bali triwulan III tahun ini sebesar 6,24%, sektor konstruksi menjadi penyumbang terbesar dengan besaran 11,77%. Adapun beberapa proyek pendukung infrastruktur IMF-WB diantaranya perluasan area parkir bandara Ngurah Rai (apron, lapangan parkir), underpass Ngurah Rai serta pelebaran jalan Imam Bonjol (Denpasar).
 
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, Adi Nugroho belum lama ini menyatakan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi tercatat pada komponen pengeluaran konsumsi pemerintah (PK-P) sebesar 14,18%. Total perekonomian Bali triwulan III-2018 yang diukur berdasarkan produk domestik regional bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (ADHB) mencapai Rp.60,91 triliun dan atas dasar harga konstan (ADHK) tahun 2010 mencapai Rp.39,49 triliun.
 

Secara q-to-q atau jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, ekonomi Bali tercatat sebesar 3,47%. Dari sisi lapangan usaha, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib yang tercatat sebesar 5,88%. Sedangkan dari sisi pengeluaran, komponen pengeluaran konsumsi pemerintah (PK-P) tumbuh paling tinggu dengan angka pertumbuhan tercatat sebesar 21,33%.
 
Secara umum, lanjutnya ekonomi triwulan III 2018 masih didominasi oleh lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum dengan kontribusi tercatat sebesar 23,13% diikuti oleh lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan yang tercatat sebesar 14,03%. Dari sisi pengeluaran konsumsi rumah tangga masih dominan pada triwulan ini dngan kontribusi tercatat masing-masing 64,01% dan 45,70%. Sedangkan kontribusi dari komponen impor sebagai komponen pengurang tercatat sebesar 56,44%. (bbn/rob)


Rabu, 07 November 2018 | 15:30 WITA


TAGS: Sektor Kosntruksi Persiapan IMF-WB Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Bali Triwulan III



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: