Pertahankan Bali Sebagai Destinasi Wisata Berkualitas

Selasa, 13 November 2018 | 08:34 WITA

Pertahankan Bali Sebagai Destinasi Wisata Berkualitas

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Gianyar. Perekonomian Bali mengandalkan Industri Pariwisata sebagai sektor terdepan, yang bertumpu pada panorama alam dan di dukung dengan adat istiadat serta seni budaya. Potensi tersebut harus dilestarikan dan ditumbuh kembangkan, untuk mempertahankan Bali sebagai tujuan wisata dunia yang berkualitas. 
 

Tahun 2017 jumlah kunjungan turis manca negara sebanyak hampir 6 juta orang dan wisatawan nusantara sekitar 8 juta orang dan kedepan jumlah kunjungan wisatawan tersebut ditargetkan akan semakin meningkat dengan telah hadirnya destinasi-destinasi wisata baru di Pulau Bali. 
 
Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) saat peresmian Patung Naga Sanga Amurwabhumi di gallery UC Silver & Gold, Batubulan, Gianyar, Senin (12/11) malam.
 
"Branding Bali yang begitu kuat sebagai jendela pariwisata dunia, tidak mungkin akan terhindar dari ritme cepat globalisasi dengan segala tantangannya. Dibutuhkan kecerdasan baru dalam meningkatkan daya saing, melalui kreativitas dan kecepatan dalam pengambilan keputusan. Hal ini telah ditunjukkan oleh UC Silver & Gold dengan karya patungnya yang tetap mencirikan budaya Bali, tentu ini menambah destinasi wisata di pulau Bali," ungkapnya.
 
Ditambahkan Cok Ace, Bali harus tetap sebagai leading dalam pengembangan pariwisata di Indonesia, oleh karena itu melalui Visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” dalam 5 tahun kedepan, pengembangan Pariwisata di Provinsi Bali secara bertahap akan diupayakan secara menyeluruh dan berkesinambungan, sehingga mampu meningkatkan peran dan potensinya dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat. 
 
"Berbagai upaya akan ditempuh untuk mempertahankan keunggulan Bali sebagai daya tarik tujuan wisata, seperti membangun budaya bersih sehingga Bali tetap terpelihara kebersihan dan mampu memebebaskan Bali dari sampah, menjadikan Bali sebagai pembangunan green ekonomi" ujarnya.
 

Selain itu, pengembangan destinasi pariwisata, seperti pengembangan desa wisata, meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia, pengendalian dan pengawasan usaha sarana pariwisata, pemeliharaan dan pelestarian budaya (warisan budaya dunia) juga akan terus ditingkatkan baik kualitas dan kuantitasnya. Selanjutnya juga mengembangkan infrastruktur jalan menuju obyek wisata, meningkatkan akses jalan dan memperpendek jarak tempuh dengan membangun shortcut. Pengembangan transportasi baik melalui darat, laut dan udara, seperti rencana pembangunan kereta api, pelabuhan udara Bali utara.
 
"Saya berharap para pelaku pariwisata beserta seluruh masyarakat Bali bersama-sama, untuk bersinergi menjadi bagian penting untuk bisa memberikan kontribusinya yang nyata untuk memajukan pariwisata di Provinsi Bali. Dengan adanya keterlibatan seluruh jajaran, tentu akan dapat memperkaya ide dan gagasan dalam menjaga pariwisata Bali, pada masa yang akan datang," imbuh Cok Ace yang pada kesempatan tersebut disampingi Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bali I Putu Astawa.(bbn/rlspemprov/rob)


Selasa, 13 November 2018 | 08:34 WITA


TAGS: Wagub Cok Ace Pariwisata Berkualitas



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: