Tingkatkan Pemahaman Kebencanaan UMKM, DMII Jajaki Kolaborasi dengan Beritabali.com

Kamis, 15 November 2018 | 11:50 WITA

Tingkatkan Pemahaman Kebencanaan UMKM, DMII Jajaki Kolaborasi dengan Beritabali.com

Beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Badung. Disaster Management Institut of Indonesia (DMII) atau Institut Manajemen Kebencanaan Indonesia menjajaki kolaborasi kerja sama dengan beritabali.com dalam upaya peningkatan pemahaman kebencanaan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). 
 

Hal ini terungkap dalam kunjungan Kepala DMII Wahyu Novyan bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) ke Kantor Beritabali.com di Badung pada Kamis (15/11). Kunjungan tim DMII diterima langsung Direktur Beritabali.com I Putu Agus Swastika bersama Pemred Beritabali.com I Nengah Muliarta dan Manajer Marketing I Ketut Adi Sutrisna.
 
Menurut Wahyu, kolaborasi dengan media menjadi sangat penting dalam menyebarluaskan pemahaman terkait kesiapsiagaan terhadap bencana. Dimana target dalam peningkatan pemahaman kebencanaan salah satunya menyasar UMKM.
 
"Tujuannya mendorong UMKM untuk mengantisipasi bencana, sehingga tidak terganggu akibat bencana. Karena akibat bencana akan berdampak pada bisnis, terdapat kerugian materi, belum lagi kerugian jiwa," kata Wahyu.
 
Wahyu mengungkapkan harapannya dengan adanya peningkatan pemahaman melalui pelatihan maka secara mentalitas masyarakat akan meningkatkan dan akhirnya kapasitas bisa turut ditingkatkan. Sementara daerah khususnya Denpasar menjadi pilihan karena UMKM cukup berkembang di Denpasar.
 
"Bali merupakan daerah yang termasuk salah satu dari tujuh daerah yang rentan terkena bencana, maka perlu kegiatan sosialisasi kesiapsiagaan bencana," ujar Wahyu.  
 
Sedangkan Direktur Beritabali.com I Putu Agus Swastika mengungkapkan bahwa pemahaman terhadap kebencanaan perlu terus disosialisasikan dan ditingkatkan. Jangan sampai masyarakat mengalami kepanikan ketika terjadi bencana, seperti waktu kejadian Gunung Agung. Agus Swastika menegaskan pada dasarnya beritabali selalu siap untuk berkolaborasi. Apalagi dalam hal penyebaran informasi yang terkait dengan kebencanaan dan pengembangan UMKM. 
 
"Kami memang sangat konsen untuk masalah informasi mengenai pemahaman penanggulangan kebencanaan. Apalagi terkait masalah pengembangan UMKM, untuk pengembangan UMKM kami sampai punya rubrik tersendiri yaitu startup," papar Agus Swastika yang juga merupakan akademisi dari Primakara. [tim]


Kamis, 15 November 2018 | 11:50 WITA


TAGS: DMII Beritabali.com Kolaborasi Pemahaman Kebencanaan UMKM



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: