Pengenalan Bahasa Bali Perlu Dilakukan Sejak Dini

Kamis, 29 November 2018 | 09:43 WITA

Pengenalan Bahasa Bali Perlu Dilakukan Sejak Dini

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Denpasar. Pengenalan bahasa Bali dinilai tepat jika dilakukan mulai anak umur di bawah 12 tahun karena pada umur di bawah 12 tahun daya tangkap anak masih sangat tajam dibandingkan mereka yang berusia di atasnya.
 

Dosen program studi sastra Bali Fakultas Ilmu Budaya Fakultas Udayana, Gde Nala Antara mengatakan pengenalan Bahasa Bali penting diberikan karena anak-anak akan mampu berkomunikasi dengan bahasa Bali dengan lancar dan baik. Dengan begitu, kata dia setelahnya mereka akan lebih mudah anak-anak mempelajari bahasa Indonesia bahkan bahasa Inggris.
 
"Sebaiknya anak-anak sudah diberi pembelajaran bahasa Bali mulai sejak dini di bawah 12 tahun. Lewat dari itu akan lebih sulit diajarkan bahasa Bali," jelasnya, Rabu (28/11).
 

Dilanjutkan, orang tua di rumah atau lingkungan keluarga setidaknya harus bisa mengajarkan bahasa Bali juga. "Dengan diberi pembelajaran bahasa Bali oleh orang tua, setidaknya dalam diri anak-anak akan muncul, bahwasanya saya memiliki bahasa Bali, kenapa tidak dipakai," ujarnya.
 
Maka itu, ia menyarankan anak perlu diedukasi dan motivasi secara terus-menerus karena sesunguhnya belajar bahasa Bali, sebagai bahasa Ibu khususnya di lingkungan keluarga bukan sesuatu yang kuno lagi. Ia juga mengingatkan para orang tua untuk tidak mengkhawatirkan jika anak-anaknya berbahasa Bali.(bbn/aga/rob) 


Kamis, 29 November 2018 | 09:43 WITA


TAGS: Bahasa Bali Pengenalan Bahasa Sejak Usia Dini



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: