Runway Bandara Ngurah Rai Tutup Selama 20 Menit Saat Latihan PKD

Rabu, 12 Desember 2018 | 09:47 WITA

Runway Bandara Ngurah Rai Tutup Selama 20 Menit Saat Latihan PKD

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Badung.  PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai akan menggelar latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Dirgantara Raharja ke-101, pada Kamis (13/12).
 

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel dan fasilitas Bandar Udara terhadap segala jenis situasi darurat yang dapat terjadi dan mengancam kegiatan operasional penerbangan dan pelayanan terhadap pengguna jasa Bandar Udara. 
 
Communication and Legal Section Head, PT. Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim mengatakan saat latihan PKD, jalannya operasional penerbangan tetap berjalan normal dan tidak akan mengganggu kegiatan operasional Bandar Udara. 
 
Kendati latihan hanya akan sedikit berdampak pada operasional, tetapi tidak sampai menimbulkan gangguan terhadap waktu penerbangan pesawat. Penutupan runway yang dilaksanakan mulai pukul 10.10 Wita sampai dengan 10.30 Wita ini dipilih karena pada jam ini, operasional pesawat udara adalah yang paling sedikit, sehingga tidak akan mengganggu operasional penerbangan. Pelaksanaan latihan PKD akan dimulai pada Rabu (12/12) dengan latihan simulasi table top yang akan dilaksanakan di Hotel Patra Jasa, Kompleks Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali. 
 
Simulasi latihan yang dilaksanakan dalam table top adalah miniatur dari latihan PKD yang akan dilaksanakan keesokan harinya. Setelah dilaksanakan simulasi latihan table top, akan dilaksanakan latihan PKD keesokan harinya yang akan mengambil tempat di beberapa lokasi di kompleks Bandar Udara. Dilanjutkan, adapun teknis pelaksanaan akan menggunakan beberapa skenario latihan yang akan melibatkan simulasi aksi penanggulangan situasi darurat yang mengancam keamanan Bandar Udara dan keselamatan penerbangan. 
 

“Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan bukan untuk melihat kelebihan. Justru, dengan adanya latihan ini, akan terlihat celah dan kelemahan dalam SOP, sehingga dapat disempurnakan lagi,” jelasnya, Selasa (11/12) di Tuban, Badung.
 
Arie mengatakan, latihan tersebut diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Terakhir kali dilaksanakan pada 2016 lalu. Dirinya menambahkan, penyelenggaraan PKD ke-101 ini merupakan penutup dari rangkaian penyelenggaraan latihan PKD yang diselenggarakan di tahun 2018 ini. 
 
"Selama tahun 2018, dilaksanakan sebanyak tujuh latihan PKD di Bandar Udara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero)," tutupnya. (bbn/aga/rob)


Rabu, 12 Desember 2018 | 09:47 WITA


TAGS: Bandara Nrurah Rai Latihan PKG Runway Tutup



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: