Berlibur ke Ambon? Jangan Lupa Coba 5 Camilan Tradisional Ini

Rabu, 19 Desember 2018 | 14:40 WITA

Berlibur ke Ambon? Jangan Lupa Coba 5 Camilan Tradisional Ini

bbn/bintang.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Denpasar. Ambon sudah lama terkenal akan pemandangan alamnya yang menawan. Hamparan pasir putih berpadu dengan birunya laut, membuat semua yang memandang jatuh hati. Namun, tak hanya menawarkan keindahan alam, Ambon juga menyajikan petualangan kuliner yang memanjakan lidah. Bila sedang berlibur ke Ambon, berikut 5 camilan tradisional yang wajib Anda coba sebelum pulang. 
 
1. Bluder Sageru
 
 
Sumber : facebook
 
Bluder sageru merupakan jenis kue basah yang menggunakan sageru sebagai bahan dasarnya. Sageru sendiri merupakan hasil sadapan pohon aren. Biasanya bahan ini diolah menjadi minuman keras khas Maluku yang disebut sopi. 
 

Namun, sageru sendiri memiliki cita rasa yang manis dan kadar alkoholnya masih sangat rendah, sehingga aman dikonsumsi. Rasa sageru yang khas memberikan cita rasa yang berbeda pada kue. Biasanya, bluder sageru dimakan oleh penduduk lokal pada acara-acara spesial seperti hari raya Natal atau Idul Fitri. 
 
Namun kini, beberapa toko oleh-oleh atau toko kue di kota Ambon menyediakan stoknya setiap hari sehingga Anda bisa membelinya kapan saja. Karena dapat bertahan hingga satu minggu, bluder sageru sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan. 
 
2. Sagu Gula
 
Sesuai namanya, sagu gula merupakan camilan yang berbahan dasar sagu dan berisi irisan gula aren di dalamnya. Berbeda dengan sagu pada umumnya, sagu gula memiliki tekstur yang lebih lembut karena dicampur kelapa parut. Dalam proses memasak, sagu gula dibakar dalam cetakan tanah liat yang disebut porna. Memiliki rasa yang manis dan gurih, sagu gula cocok dinikmati dengan segelas teh manis atau kopi saat sore hari. 
 
3. Gogos
 
Pertama kali dilihat, penampakan gogos sangat mirip dengan lemper. Namun, camilan yang satu ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan. Adonan tersebut dikukus lalu kemudian diisi dengan irisan daging ikan asar. Setelah itu, adonan dibentuk lalu dibungkus menggunakan daun pisang muda. Gogos dimasak dengan cara dibakar sehingga memberikan cita rasa yang berbeda. 
 
Jajanan ini bisa mudah Anda jumpai di penjaja kue di pinggir jalan, toko kue tradisional maupun rumah kopi di Ambon. Tak hanya cocok sebagai camilan di sore hari, gogos juga sering dikonsumsi untuk sarapan pagi karena cukup mengenyangkan.
 
4. Ampas Tarigu
 
Entah kenapa dinamakan ampas tarigu. Ampas sendiri artinya sisa dan tarigu berarti terigu. Yang pasti, camilan gurih ini tak diproduksi menggunakan sisa-sisa terigu seperti namanya. 
 
Untuk membuat ampas tarigu, umumnya akan digunakan bahan-bahan seperti halnya dalam pembuatan roti. Namun, ada beberapa bahan tambahan seperti santan, parutan kelapa dan gula merah. Setelah didiamkan, adonan kemudian dipanggang dalam oven. Kue yang satu ini cukup mengenyangkan sehingga biasanya dikonsumsi sebagai sarapan pagi. Jangan lupa, nikmati ampas tarigu dengan segelas teh atau kopi panas. 
 
 
5. Bubur Ne
 
 
Sumber : bintang.com
 
Jangan sampai meninggalkan Ambon tanpa mencicipi bubur ne. Kudapan yang satu ini terbuat dari sagu mutiara yang dimasak bersama santan, gula merah, kayu manis, serta daun pandan. Karena rasanya yang manis, bubur ne biasanya disajikan sebagai hidangan penutup oleh masyarakat Maluku. Camilan ini bisa disediakan dalam keadaan hangat saat hari hujan atau dingin saat cuaca sedang terik. 
 

Bagaimana? Semakin tak tahan mencicipi camilan lezat asal Ambon ini? Segera rencanakan perjalanan dan mulai cek harga tiket pesawat di Airy. Cari juga promo tiket Sriwijaya Air, Batik Air, AirAsia, dan lain-lain agar perjalanan Anda makin hemat.
 
Jangan lupa siapkan dana tambahan untuk membeli camilan ini sebagai hadiah bagai keluarga atau teman kantor. Selamat berkuliner ria di Ambon.


Rabu, 19 Desember 2018 | 14:40 WITA


TAGS: Kuliner Ambon Travelling Camilan Tradisional



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: