Ayo Berburu Senja di Danau Sentani Jayapura

Rabu, 19 Desember 2018 | 17:15 WITA

Ayo Berburu Senja di Danau Sentani Jayapura

bbn/phimeno.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Denpasar. Keindahan Alam provinsi Papua tak hanya dapat Anda nikmati di Raja Ampat. Beberapa daerah lain memiliki pesona wisata alam yang menawan termasuk Danau Sentani, Jayapura.
 

Luas danau ini lebih dari 9 ribu hektare dan terdapat 21 pulau yang mengelilinginya. Nama Sentani memiliki arti “di sini kami tinggal dengan damai”. Makna ini menjadi harapan bagi para penduduk sekitar untuk terus hidup berdampingan dengan alam dan sesama. 
 
Pada pertengahan tahun, pemerintah lokal secara rutin mengadakan Festival Danau Sentani yang memadukan suguhan alam dan budaya asli daerah Tabi. Anda tak hanya dapat menyaksikan berbagai tari-tarian adat, upacara adat seperti penobatan Ondoafi namun juga sajian kuliner khas. Untuk menikmati momen tahunan ini, Anda bisa mulai mencari tiket pesawat online ke Jayapura lewat Airy. 
 
Berburu Senja di Sentani 
 
 
Sumber : phinemo.com
 
Tak lengkap rasanya berkunjung ke Danau Sentani tanpa mengabadikan panorama senja. Senja berwarna merah keemasan hingga jingga yang muncul di langit tak kalah cantiknya dengan yang Anda lihat di Lombok atau Bali. 
 
Anda bisa mengunjungi tempat ini saat sore hari serta cuaca cerah untuk mendapatkan pemandangan yang sempurna. Jangan lupa isi penuh baterai kamera dan jaga kondisi Anda tetap fit agar perjalanan Anda tak terganggu. Banyak titik yang bisa Anda pilih untuk mengabadikan foto yang indah. Mulai dari pemandangan di tepi dermaga, hilir mudik perahu wisatawan atau aktivitas nelayan yang sedang menjala ikan. 
 
Untuk menyaksikan keindahan Danau Sentani dari ketinggian, Anda bisa mendaki bukit Makutur. Dari titik ini, Anda dapat menyaksikan birunya air danau yang serasi dengan warna hijau dari Pegunungan Cylops. Selain berburu senja, Anda juga bisa mengarungi danau menggunakan perahu sewaan. Jangan hanya berkeliling, sempatkan diri juga untuk berkunjung ke beberapa pulau di sekitar danau seperti Pulau Asei, Pulau Ajau, Pulau Yobeh, atau Pulau Putali.
 
Di Pulau Asei misalnya, Anda akan disambut dengan mitos lokal yang percaya bahwa pulau ini sebagai bagian tubuh naga. Anda juga bisa membeli lukisan kulit kayu, yang banyak diincar wisatawan mancanegara. Kayu yang digunakan bukanlah kayu sembarangan melainkan kayu khusus yang disebut khombow. Beberapa motif lukisan yang biasanya dibuat yakni orang dalam perahu yang tengah memegang panah, tifa, atau tombak.
 
Habitat Bagi Hewan Endemik
 
Bukan hanya menawarkan pemandangan yang indah, Danau Sentani juga merupakan tempat hidup 33 jenis ikan air tawar. Empat dari 30 spesies ikan tersebut diketahui merupakan spesies endemik di Sentani. Misalnya saja, ikan Pelangi Merah (Glossolepis incisus) atau dikenal dengan nama Irian Jaya Rainbow Fish. Dulunya ikan ini sering menjadi favorit untuk ikan hias. Namun kini, pamornya kian menurun. Ada juga hiu yang memiliki moncong gergaji dengan nama ilmiah Pristis microdon. Sayang, hiu Sentani ini sudah jarang ditemukan dan diperkirakan akibatnya karena diburu secara masif. 
 

Bagi Anda yang berdomisili di luar Jayapura, lokasi Danau Sentani sangat mudah ditemukan. Letak tempat wisata yang satu ini berada di area sekitar bandara Jayapura. Bila tiba pada waktu siang, Anda dapat singgah sebentar di area danau sebelum kembali melanjutkan perjalanan ke pusat kota Jayapura. 
 
Bagaimana? Semakin terpikat menikmati keindahan alam di danau Sentani? Segera rencanakan liburan Anda ke kota Jayapura. Jangan lupa juga untuk cari promo tiket Wings Air, Batik Air, AirAsia, Garuda, dan lain-lain agar perjalanan Anda makin hemat.


Rabu, 19 Desember 2018 | 17:15 WITA


TAGS: Jayapura Travelling Senja Danau Sentani



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: