Program Pengelolaan Sampah TOSS Klungkung Menarik Perhatian Walikota Bandung

Kamis, 20 Desember 2018 | 20:00 WITA

Program Pengelolaan Sampah TOSS Klungkung Menarik Perhatian Walikota Bandung

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Klungkung. Program inovasi bidang pengelolaan sampah di Kabupaten Klungkung yakni Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) menarik perhatian Pemerintah Walikota Bandung. 
 

Rombongan yang dipimpin langsung Walikota Bandung Oded M. Danial mengunjungi Klungkung dengan disambut langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta, Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan A.A.Kirana serta Perwakilan STT PLN  diruang kerjanya Kamis (20/12).
 
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memaparkan sejarah awal mula dirinya melirik teknologi TOSS ini. Dirinya menceritakan awal penerapan teknologi ini mendapat banyak tantangan dan sejumlah permasalahan. Namun berkat sosialisasi, serta kerjasama yang baik semua pihak yaitu Pemda Klungkung STTPLN dan Indonesia Power, teknologi ini dapat diwujudkan dan diaplikasikan di beberapa desa. Bupati Suwirta juga tidak menampik bahwa programnya saat ini masih memiliki kendala dalam pengadaan alat supaya bisa memproduksi pelet dengan kapasitas yang besar.  
 
Namun Bupati Suwirta mengaku optimis akan keberhasilan program TOSS ini kedepannya. Dan dengan semakin banyaknya kunjungan ke Klungkung, maka  akan menjadi tantangan untuk lebih menyempurnakan program ini. Sehingga program akan menjadi lebih baik dan tujuan yang ingin dicapai yaitu Klungkung bebas dari sampah bisa terwujud. Bupati Suwirta juga optimis program TOSS bisa segera di duplikasi ke semua desa di Klungkung.
 
Sementara itu Walikota Bandung Oded M. Danial menyampaikan kunjungannya ini adalah untuk melihat sistem pengelolaan sampah, melalui program TOSS yang telah diakui secara nasional. Awalnya dirinya mendapatkan informasi Teknologi TOSS Klungkung pada sebuah pameran di Jakarta. Dari situ kemudian Walikota ini tertarik melakukan pengamatan langsung. 
 

“Kami jauh jauh dari Bandung datang ke Klungkung karena  tertarik dengan Teknologi yng dimiliki Klungkung dalam menangani sampah, kebetulan kami juga sedang konsen manangani sampah, kami mendapat informasi Klungkung memiliki teknologi TOSS, dengan 1500 ton sampah sehari  mudah-mudah dengan kunjungan ini, teknologi TOSS bisa dikembangkan di Bandung,” Ujar Oded M. Danial. 
 
Setelah diterima Bupati Suwirta, rombongan Pemkot Bandung selanjutnya mengamati Teknologi TOSS di Desa Lepang. Program inovasi Pemkab Klungkung, TOSS telah menarik perhatian sejumlah pihak. Sebelumnya, program yang telah masuk ke dalam 40 program inovasi nasional ini telah menerima kunjungan dari Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI, Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siroj, sejumlah perwakilan pemerintah daerah dan lembaga lainnya. (bbn/humasklungkung/rob)
 


Kamis, 20 Desember 2018 | 20:00 WITA


TAGS: TOSS Klungkung Walikota Bandung



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: