Warga Desa Sumber Mulyo Manfaatkan Buah Naga Jadi Aneka Olahan Camilan

Senin, 24 Desember 2018 | 14:35 WITA

Warga Desa Sumber Mulyo Manfaatkan Buah Naga Jadi Aneka Olahan Camilan

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Banyuwangi.  Masyarakat Desa Sumber Mulyo, Kecamatan Pesangaran, Kabupaten Banyungi, Jawa Timur manfaatkan melimpahnya buah naga di desa setempat untuk dijadikan bahan baku olahan aneka camilan. 
 

Ketua UMKM Center Pusat Oleh-oleh Banyuwangi binaan PT Bumi Suksesindo Agustin mengatakan aneka olahan cemilan dibuat oleh 30 kelompok UMKM di Desa tersebut. "Masyarakat kami yang tergabung dalam UMKM Center Pusat Oleh-oleh Banyuwangi, binaan PT Bumi Suksesindo, memanfaatkan buah naga yang begitu banyak di desa kami ini untuk dijadikan berbagai macam olahan camilan," jelasnya belum lama ini.
 
Dirinya mencontohkan ada beberapa olahan dari bahan baku buah naga mulai itu dari kue kering, brownies, kripik, dodol dan lain-lain. Dilanjutkan pada musim sepi pesanan bisa menghabiskan kurang lebih 6 Kg buah naga. Sedangkan, pada musim ramai pesanan bisa menghabiskan 10 Kg buah naga. Dalam satu minggu, kelompok kami kurang lebih mampu menghasilkan 2 kwintal dodol berbahan baku buah naga dengan menggunakan kurang lebih 50 Kg buah naga," paparnya.
 
Menurut Agustin, produk olahanya telah menebus pasar luar Banyuwangi seperti Bali, Malang, Kalimantan, Semarang hingga menembus pasar luar negeri. (bbn/aga/adv/rob)


Senin, 24 Desember 2018 | 14:35 WITA


TAGS: UMKM Buah Naga Produk Olahan Banyuwangi



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: