Ratusan Personil Polisi Dikerahkan Saat Karya Panca Bali Krama di Pura Lempuyang

Selasa, 08 Januari 2019 | 19:00 WITA

Ratusan Personil Polisi Dikerahkan Saat Karya Panca Bali Krama di Pura Lempuyang

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Karangasem. Ratusan personel kepolisian disiagakan untuk penjagaan pada saat puncak acara Panca Bali Krama yang berlangsung di Pura Lempuyang. 
 

Hal ini terungkap saat Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipha selaku Ketua Panitia Panca Bali Krama menghadiri Rapat Koordinasi pengamanan Karya Piodalan Panca Bali Krama di Pura Lempuyang, rapat tersebut diadakan di Aula Dhira Brata, Polres Karangasem Selasa, (08/01).
 
Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Karangasem, AKBP. I Gusti Ngurah Agung Panji Anom dihadiri oleh Wabup Artha Dipa beserta Dandim 1623/Karangasem, Letkol, Inf. Bima Santosa, Kepala OPD terkait, Kapolsek Abang, Ketua PHDI Kabupaten Karangasem, Kades sekecamatan Abang, Ketua Pecalang Sekecamatan Abang.
 
Kegiatan Rapat Koordinasi ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan upacara acara Segara Kertih Mas Segara (Melasti) pada 11 Januari 2019 dan Puncak Karya Panca Bali Krama pada 20 Januari 2019 mendatang. Upaya pengamanan ini dilaksanakan agar dalam upacara yang diprediksi akan mendatangkan pemedek sekitar 10.000 orang tersebut berjalan lancar serta menciptakan kamtibmas sehingga seluruh rangkaian upacara keagamaan Karya Agung Panca Bali Krama Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur, Desa Adat Purwayu, Desa Tribuana, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem berjalan aman.
 
Dari hasil rapat saat upacara melasti, ada 21 titik PAM yang akan dilaksanakan dengan kekuatan personil PAM Polri berjumlah 61 Personil, sedangkan untuk penebalan Dishub berada di Simpang Tiga Batang, Simpang Tiga Culik, Simpang Tiga Kantor Desa Purwakerti, Simpang Tiga Melasti, Area Lokasi Melasti dan parkir VIP, sedangkan Satpol PP di Parkir Setra Tukad Besi, Parkir VIP dan area lokasi Melasti.
 
Pada saat puncak acara akan disiagakan 3 Pos yaitu 2 Pos Pengamanan dan 1 Pos Terpadu di 19 titik PAM Jalur Panca Bali Krama Pura Lempuyang yang melibatkan sebanyak 159 personil, selama 42 hari.
 

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Karangasem menekankan kepada seluruh jajaran agar bekerjasama menyukseskan keamanan acara Panca Bali Krama dan akan menindak tegas oknum yang membuat keonaran. "Saya tidak akan segan-segan menindak oknum yang melakukan pungli, oknum yang membuat onar pada saat kegiatan berlangsung," ujar Kapolres Agung Panji Anom.
 
Senada dengan Wabup Artha Dipa selaku ketua Panita karya. Ia mengajak semua pihak agar saling bahu membahu agar menyukseskan Upacara Panca Bali Krama yang baru pertama kali diadakan di Pura Lempuyang berdasarkan beberapa acuan sastra. (bbn/igs/rob)


Selasa, 08 Januari 2019 | 19:00 WITA


TAGS: Puncak Karya Bali Krama Pura Lempuyang Personel Polisi



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: