Sektor Pertanian Orientasi Ekspor Perlu Didorong Imbangi Dominasi Pariwisata

Kamis, 10 Januari 2019 | 16:45 WITA

Sektor Pertanian Orientasi Ekspor Perlu Didorong Imbangi Dominasi Pariwisata

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Sektor pertanian di Bali harus didorong untuk berorientasi ekspor karena disamping akan memiliki nilai ekonomi lebih juga akan memberikan keseimbangan sehingga perekonomian Bali tidak hanya didominasi sektor pariwisata.
 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali, Causa Iman Karana mengatakan dengan meningkatkan ekspor, hasil pertanian atau perkebunan akan memiliki nilai ekonomi lebih yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat maupun pertumbuhan ekonomi di Bali. Namun tidak saja ekspor, lanjutnya, yang juga perlu dipikirkan adalah sisi produksi juga harus digenjot dari aspek kualitas dan kuantitasnya.
 
"Dengan meningkatnya hasil pertanian Bali, nantinya mampu membantu Pemerintah provinsi Bali untuk meningkatkan ekspor dan mengembangkan pertanian dalam arti luas sesuai dengan visi misi Pemerintah saat ini," ujarnya.
 

Dia juga berharap, struktur perekonomian Bali agar lebih berimbang. Selama ini lebih didominasi oleh sektor pariwisata. "Selama ini terjadi ketimpangan pada sektor pariwista, mudah-mudahan tahun depan bisa bergeser agar lebih berimbang serta kekuatan yang lebih besar dari sektor pertanian dan perkebunan," jelasnya.
 
Ia menambahkan dengan adanya hasil perkebunan dan pertanian yang berkualias ekspor nantinya mampu  meningkatkan  cadangan devisa juga. Sementara, jika dilihat pada tahun 2018 pertumbuhan ekonomi Bali dinilai cukup baik dengan pencapaian sebesar 5,9 hingga 6,3 persen serta mampu menekan laju inflasi terkendali sebesar 3,1 persen. (bbn/aga/rob)


Kamis, 10 Januari 2019 | 16:45 WITA


TAGS: Sektor Pertanian Ekspor Pariwisata Dominasi



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: