Ida Bagus Nyoman Rai Maestro Seni Lukis dari Sanur

Minggu, 13 Januari 2019 | 09:26 WITA

Ida Bagus Nyoman Rai Maestro Seni Lukis dari Sanur

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Terlahir di di Sanur, Bali Indonesia antara tahun 1907 dan 1920, Ida Bagus Nyoman Rai berasal dari keluarga Brahmana dan mulai melukis saat remaja. Selama kelahiran Asosiasi Seni Pitamaha pada tahun 1930-an, Ida Bagus Nyoman Rai dan pelukis Sanur lainnya mulai menjual gambar yang menggambarkan kehidupan nelayan atas saran saudara Neuhaus yang memiliki toko ikan tropis di Sanur. 
 

Ida Bagus Nyoman Rai sampai kematiannya menarik sebagian besar gambar hitam dan putih di atas kertas. Selama tahun 1930 ia berteman dengan seorang seniman Swiss, Theo Meirer (1908–1982) yang menjadi pelindung pertamanya dan setianya. Banyak karyanya ditemukan di Theo Meier Estate yang dijual pada tahun 2002. 
 
Setelah Perang Kedua, ia berteman dengan artis Australia Donald Friend yang tinggal di Bali 1968-1980 dan memiliki rumah di pantai Jimbaran. Dia adalah salah satu dari beberapa pelukis Bali dari generasinya yang menghasilkan gambar-gambar yang menangkap peristiwa bersejarah di sekitar desa mereka. 
 

Beberapa gambarnya menggambarkan ikan paus yang sering terdampar di pantai Sanur. Dia juga mendokumentasikan peristiwa selama pendudukan Jepang. Salah satu karya seperti itu baru-baru ini ditemukan di perkebunan Theo Meier. Ia meninggal pada tahun 2000.
 
Karya-karyanya tersebar di seluruh dunia di museum dan kolektor pribadi. Karya-karyanya dapat ditemukan di Galeri Nasional Australia, Tropenmuseum di Amsterdam, Museum Etnografi di Leiden, dan Museum Den Kulturen di Basel, Swiss. Di Bali, karya-karyanya dapat dilihat di Museum Seni Agung Rai dan Museum Puri Lukisan. (bbn/rls/rob)


Minggu, 13 Januari 2019 | 09:26 WITA


TAGS: Seniman Denpasar Ida Bagus Nyoman Rai Maestro Sanur



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: