Gubernur Koster Ingin Data Akurat dan Solid Untuk Sukseskan Program Pembangunan

Senin, 04 Februari 2019 | 14:40 WITA

Gubernur Koster Ingin Data Akurat dan Solid Untuk Sukseskan Program Pembangunan

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Gubernur Bali Wayan Koster menginginkan dukungan data yang solid dan akurat sebagai dasar untuk pembangunan semesta berencana di Provinsi Bali.  
 

“Data yang aktual dan up to date sangat penting untuk merumuskan program-program prioritas kita untuk pembangunan kedepan,” Kata Gubernur saat menerima audensi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali di ruang kerjanya, Senin (4/2).
 
Koster juga menyampaikan Bali punya sektor-sektor yang jadi prioritas dalam menyukseskan pembangunan terencana di Bali yang mungkin berbeda prioritasnya dengan  nasional. “Bicara prioritas tentu ada yang berbeda dengan nasional karena di daerah punya prioritasnya sendiri. Untuk itu data-data yang diperlukan juga khusus sebagai dasar untuk mengambil kebijakan,” kata Koster. 
 
Koster juga menambahkan data solid berbagai sektor di Bali dari hulu sampai hilir akan jadi indikator kesuksesan pembangunan. Seperti contohnya Gubernur menyebut program untuk sektor pendidikan yakni masa belajar wajib 12 tahun akan lebih mudah dicapai dengan dukungan data yang akurat mengenai daerah-daerah yang membutuhkan sekolah. 
 
“Dengan data yang ada kita tahu pasti dimana perlu dibangun sekolah, kita anggarkan, langsung dieksekusi sehingga wajib belajar 12 tahun bisa lebih cepat tercapai di Bali,” paparnya. 
 
Untuk itu Gubernur mengajak BPS bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan akademisi untuk melaksanakan sensus khusus di Bali agar data yang diperoleh bisa lebih akurat.
 

Di kesempatan yang sama, kepala BPS Provinsi Bali Adi Nugroho menyambut baik permintaan Gubernur dan menyatakan akan menindaklanjuti lebih lanjut. “Kami siap men-support kebutuhan data dan statistik Pemerintah Daerah, tentu dengan teknis dan prosedur yang berlaku,“ kata Nugroho. 
 
Pihak BPS dalam kesempatan tersebut juga memberikan data teraktual Bali di berbagai bidang yang disajikan dalam data tahunan dan bulanan. “Secara garis besar kami katakan kondisi Bali saat ini dalam kondisi baik dimana pertumbuhan ekonomi dalam kondisi baik bahkan diatas nasional dan sebaliknya angka kemiskinan dan pengangguran menurun dan inflasi dalam kondisi terkendali. Kami juga prediksi kedepannya ada kecenderungan akngka-angka ini akan mengarah lebih baik lagi di tahun mendatang,” tutup Nugroho. (bbn/humasbali/rob)  


Senin, 04 Februari 2019 | 14:40 WITA


TAGS: Gubernur Koster BPS Bali Sukseskan Pembangunan



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: