Putri Suastini Koster: "Natah" Tidak Hanya Indah tapi Harus Bermanfaat

Jumat, 08 Februari 2019 | 14:35 WITA

Putri Suastini Koster: "Natah" Tidak Hanya Indah tapi Harus Bermanfaat

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com. Tabanan, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster, menggenjot Kabupaten Tabanan dalam mengharmonisasi dan mensinkronisasi Program HATINYA PKK, yakni di Desa Tiying Gading, Selemadeg Barat, Jumat (8/2), yang sebelumnya di Desa Antapan Selemadeg Timur. 
 

Mengingat, setiap pekarangan rumah di Tabanan memiliki lahan yang sangat potensial untuk ditanami Tanaman Obat Keluarga (Toga), sekaligus mengingatkan Ntah tidak hanya harus indah tetapi juga bermanfaat. Kedatangan Ny. Suastini Koster ke Desa Tiying Gading, Selbar, didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, Camat Selbar, Ketua Tim Penggerak PKK Selbar, beserta anggota, dan langsung mengunjungi Stand Produk Makanan dari PKK Kecamatan Selbar, sembari membeli produk tersebut.
 
Dalam sambutannya saat itu, program kerja HATINYA PKK ini lebih menyasar pada pemanfaatan lahan pekarangan rumah dengan prioritas pembuatan Taman Tanaman Obat dan bumbu dapur. Kembali Dirinya menegaskan bahwa pekarangan rumah harus ada taman yang indah, bukan saja indah tetapi bermanfaat. 
 
“Disamping nyaman dan indah juga harus bermanfaat, bukan indah harus ditanami bunga. Tapi setiap Natah (tanah lapang di pekarangan rumah) bisa buat menanam tanaman dapur dan tanaman obat dan ditata sesuai penataan taman,” tegasnya.
 
Kembali Dirinya menegaskan, Tahun 2019 ini harus mulai wujudkan HATI-nya PKK, agar bukan hanya sekedar wacana tapi harus benar-benar direalisasikan dan dijalankan. “Supaya yang namanya program HATINYA PKK tidak hanya contoh saja di satu rumah, namun contoh itu harus diterapkan oleh setiap tetangga dari rumah percontohan, begitu juga seterusnya,” himbaunya.
 
Dijelaskannya bahwa tanaman tersebut akan sangat besar manfaatnya bagi masyarakat. Dirinya mencontohkan, pohon kelor, daunnya sangat bermanfaat, disamping sebagai sayur untuk menemani lauk tapi juga bermanfaat sebagai bahan obat, yakni obat  luka. “Harapannya pelan tapi pasti supaya seluruh halaman (Natah) warga  di Bali, khususnya di Tabanan jadi HATINYA PKK, bener-bener indah dan bener bener bermanfaaat,” ucapnya.
 

Dirinya juga berpesan kepada seluruh masyarakat yang hadir, jangan pernah meremehkan peran seorang Wanita. Kenapa PKK dikatakan Tim Penggerak, karena PKK tersebut merupakan pergerakan yang tiada henti. “Kita tidak boleh memandang sebelah mata kegiatan ibu PKK, karena mereka merupakan cikal bakal pendidik generasi bangsa kita menjadi generasi yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara. Ayok Kita Kerja,” tutupnya.
 
Saat itu Ny. Putri Suastini Koster berkesempatan memberikan bantuan kepada PKK Kecamatan Selbar, untuk menunjang kegiatan kedepannya. Juga, Ny. Putri Suastini Koster, bersama Ny. Rai Wahyuni Sanjaya beserta seluruh undangan yang hadir, meninjau Rumah Percontohan HATINYA PKK, di Br. Antagana Kaja, Tiying Gading Selbar, sekaligus melakukan penanaman Tanaman Obat Keluarga. (bbn/humastabanan/rob)


Jumat, 08 Februari 2019 | 14:35 WITA


TAGS: PKK Tabanan Harmonisasi Putri Koster



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: