Bersama Warga, Wabup Kembang Gotong Royong Perbaiki Bendung Tegal Gintung yang Jebol

Jumat, 08 Februari 2019 | 21:40 WITA

Bersama Warga, Wabup Kembang Gotong Royong Perbaiki Bendung Tegal Gintung yang Jebol

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Jembrana. Bersama warga Wabup Jembrana Made Kembang Hartawan saat melaksanakan gotong royong memperbaiki Bendung Tegal Gintung bersama warga di  Bendung Tegal Gintungan I yang terletak di Tukad Biluk Poh, Banjar Munduk Anyar Tegalcangkring tadi pagi (8/2).
 

“Gotong Royong merupakan solusi terbaik dalam menyelesaikan permasalahan dan merupakan akar dari kehidupan berbangsa dan bernegara” ungkap Kembang saat memberi pengarahan dihadapan warga yang merupakan anggota dari 3 subak yaitu Tegal Gintungan, Pergung dan Delod Berawah yang ikut bergotong royong.
 
Bendung Tegal Gintungan, mengalami kerusakan kurang lebih 10 meter pada salurannya yang mengaliri 400 hektar sawah. 400 hektar sawah tersebut merupakan milik anggota subak di Tegal Gintungan, Pergung dan Delod Berawah. Kerusakan tersebut diakibatkan oleh banjir bandang yang beberapa waktu (desember) lalu terjadi di Tukad Bilukpoh.
 
Akibat rusaknya bendung tersebut, pasokan air ke subak pun menjadi tersendat. Untuk itu, Wabup Kembang mengumpulkan warga untuk melakukan gotong royong perbaikan sementara dengan memasang bronjong (jaring yang berisikan batu) untuk menahan laju air dan kemudian melakukan perbaikan saluran air ke subak.
 
Namun di karenakan arus sungai tadi pagi sangat deras dan debitnya tinggi, selain itu di hulu terlihat mendung, perbaikan pun urung dilaksanakan. “Nantinya perbaikan akan dilaksanakan saat debit airnya lebih kecil. Dan perbaikan permanen nantinya akan dilaksanakan seusai musim panen. Jika kita lakukan perbaikan permanen sekarang, harus dengan menutup arus sungai” ujar Kembang
 
Dan menurut Kembang hal tersebut (perbaikan permanen) tidak mungkin dilaksanakan karena bisa menyebabkan matinya padi yang sedang di tanam anggota subak. Untuk itu Wabup Kembang menginstuksikan agar perbaikan sementara dilaksanakan jika debit airnya menurun.
 

Pada kesempatan tersebut Wabup Kembang menyerahkan uang senilai Rp 3 juta dari kantong pribadinya dan bantuan jaring kepada kelian subak untuk membantu pelaksanaan gotong royong dalam waktu dekat.
 
Sementara itu, I Nengah Madika kelian subak Tegal Gintungan mengucap rasa terima kasihnya atas bantuan yang diberikan. Ia berharap semoga dengan perbaikan bendung tersebut, bisa dengan cepat menyelesaikan masalah pasokan air di subaknya. 
 
“Bantuan ini sangat bermanfaat, dan semoga dengan bantuan ini bisa menyelesaikan kerusakan bending” ungkapnya. (bbn/Jim/rob)


Jumat, 08 Februari 2019 | 21:40 WITA


TAGS: Bendung Tegal Gintung Jebol Wabup Kembang Jembrana



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: