Dinas PUPR Badung Anggarkan Rp30 M Untuk Kajian Penguatan Dinding Tebing Pura Uluwatu

Selasa, 12 Februari 2019 | 18:40 WITA

Dinas PUPR Badung Anggarkan Rp30 M Untuk Kajian Penguatan Dinding Tebing Pura Uluwatu

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Badung. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung menganggarkan Rp.30 miliar untuk kajian penguatan dinding tebing Pura Luhur Uluwatu, di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan.
 

Kepala Dinas PUPR Badung Ida Bagus Surya Suamba menjelaskan, untuk penanganan adanya keretakan dinding Pura Uluwatu, akan melakukan tender untuk membuat manajemen konstruksi (MK). Selanjutnya kata dia, setelah ada penetapan MK, pihak MK ini akan menyusun semacam desain konsep. Desain konsep ini yang nanti untuk menjadi bahan tender desain and build. 
 
"Kontraktor yang memenangkan tender proyek ini yang akan mendesain sekaligus membangun. Setelah ada pemenang kontraktor, kontraktor ini terlebih dahulu kerjanya mensurvei kondisi eksisting, kemudian dia mendesain dan dari kondisi desain itu baru diajukan ke kita sebagai owner dan kalau sudah di acc baru dikerjakan,” bebernya, Selasa (12/2).
 
Pihaknya menargetkan untuk penguatan dinding Pura Uluwatu harus sudah tuntas diakhir tahun 2019. “Kita belum tahu berapa lama (pihak kontraktor) membuat desainnya. Yang jelas Desember ini harus sudah tuntas dikerjakan,” kata Surya.
 

Diakuinya soal keretakan yang terjadi hingga saat ini pihaknya belum melakuan pengecekan sehingga jenis dan besar retakan belum pernah diketahui.  “Kita kan belum tahu seberapa besar dan parahnya keratakannya. Nanti ada alat yang mengukur berapa dalam retaknya. Apakah memang keretakan yang sampai tembus, atau terdiri dari bantuan besar diapit dua bantuan kecil, kemudian di dalamnya ada batuan besar lagi. Nah, ini penanganannya seperti apa. Nanti kan dijarit. Nanti secara teknis kan ada,” tegasnya.
 
Sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan akan seperti apa penanganan tebung Pura Uluwatu. Pasalnya, masih menunggu hasil kajian. “Tunggu saja. Yang pasti sudah kita siapkan anggaran 29 miliar lebih,” demikian IB Surya Suamba. (bbn/maw/rob)


Selasa, 12 Februari 2019 | 18:40 WITA


TAGS: Dinas PUPR Badung Kajian Penguatan Dinding Tebing Pura Uluwatu



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: