PPLH Bali : Kantor-Kantor Pemerintah Harus Jadi Pelopor Pengelolaan Sampah

Jumat, 22 Februari 2019 | 08:55 WITA

PPLH Bali : Kantor-Kantor Pemerintah Harus Jadi Pelopor Pengelolaan Sampah

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Direktur Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Bali Catur Yudha Hariani menyerukan agar kantor-kantor pemerintah dan orang-orang pemerintah menjadi pelopor atau pionir dalam pengelolaan sampah di Bali. Apalagi saat ini Bali telah mengalami darurat sampah dan harus segera ada langkah nyata dalam mengatasinya.

“Kita sudah darurat sampah. Budaya 3R harus menjadi gerakan massif. Pemerintah harus memberikan contoh yang serius. Kantor-kantor pemerintah dan orang-orang pemerintah juga harus jadi pionir, mengolah sampah jangan karena takut saat penilaian eco office saja, tetapi harus membudaya” kata Catur saat dikonfirmasi di Denpasar pada Jumat (22/2).

Menurut Catur, kesadaran masyarakat terkait pengolahan sampah harus diakui masih rendah. Kendati secara wacana bagus, tetapi secara praktek minim. “Mereka tahu bahwa sumber sampah ada di rumah. Sampah sampai laut juga berasal dari rumah tangga. Jadi kesadaran ini yang harus terus didorong, dikembangkan, dilakukan door to door” papar Catur.

Catur mengakui keberadaan peraturan gubernur dan Perwali soal larangan penggunaan kresek dan beberapa plastik sekali pakai cukup efektif dalam mengurangi sampah plastik. Hal ini terjadi karena masyarakat dan pengusaha tunduk pada peraturan yang ada. Walaupun terdapat keluhan dari masyarakat dan pengusaha hal tersebut dipastikan hanya reaksi awal saja dan dipastikan lambat laun masyarakat akan mencari alternatif pengganti.

Catur menambahkan bahwa tugas pemerintah sekarang adalah terus melakukan edukasi, penegakan hukum, evaluasi dan monitoring. Jangan sampai peraturan ini hanya hangat-hangat diawal saja, lalu tahun berikutnya kendor.[bbn/mul]


Jumat, 22 Februari 2019 | 08:55 WITA


TAGS: Sampah Pengelolaan Kantor Pemerintah



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: