Gunung Agung Kembali Erupsi Lontarkan Kolom Abu Setinggi 700 Meter

Jumat, 22 Februari 2019 | 17:55 WITA

Gunung Agung Kembali Erupsi Lontarkan Kolom Abu Setinggi 700 Meter

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Karangasem. Gunung Agung kembali mengalami erupsi setelah hampir seminggu terakhir ini terpantau terus mengeluarkan hembusan.
 

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan PVMBG, disebutkan telah terjadi erupsi Gunung Agung pada tanggal 22 Februari 2019 pukul 16.31 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 700 meter di atas puncak kawah Gunung Agung. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong mengarah ke arah timur. 
 
Erupsi ini terekam di seismogram dengan kekuatan amplitudo maksimum 11 mm berdurasi kurang lebih 6 menit 20 detik. Pasca erupsi, belum ada informasi mengenai turunnya hujan abu. Sementara saat berita ini ditulis di sejumlah wilayah lereng Gunung Agung sedang turun hujan dan visual Gunung Agung hanya bisa terpantau dari beberapa sudut saja. 
 
"Dari sini tidak kelihatan jelas visualnya karena mendung," kata Wayan Rata salah seorang warga yang tinggal di radius 7 kilometer dari puncak kawah Gunung Agung.
 
Sementara itu, status Gunung Agung sendiri masih berada pada Level III (Siaga) dengan rekomendasi masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung.
 
Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling terbaru. (bbn/igs/rob)


Jumat, 22 Februari 2019 | 17:55 WITA


TAGS: Gunung Agung Erupsi



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: