Pemkab Klungkung "Nedunang" Ida Bhatara Pura Gelap Besakih

Jumat, 01 Maret 2019 | 21:50 WITA

Pemkab Klungkung "Nedunang" Ida Bhatara Pura Gelap Besakih

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Klungkung. Bertepatan dengan diadakannya Karya Agung Panca Wali Krama lan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih, Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung melakukan prosesi Nedunang Ida Bhatara Iswara dari Pura Gelap menuju ke Pura Penataran Agung Besakih yang dilaksanakan pada jumat (01/03/2019). 
 

Prosesi Nedunang Ida Bhatara dihadiri oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta dan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta beserta Ny. Sri Kasta dan Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra serta seluruh OPD Kabupaten Klungkung. 
 
Dalam Prosesi Nedunang Ida Bhatara Iswara yang melinggih di Pura Gelap Besakih dipuput Jro Mangku Putu Puji dari Desa Kiduling Kreteg Besakih Kabupaten Karangasem. 
 
Adapun rentetan Prosesi Nedunang Ida Bhatara yakni, Diawali melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Gelap Besakih, kemudian dilanjutkan dengan ritual Nedunang Pralingga Ida Bhatara dari Gedong penyimpenan untuk ditempatkan di soang-soang pelinggih Pura Penataran Agung Besakih dengan diiringi Sekaa Gong Manis Suara Desa Besakih. 
 

Setelah prosesi upacara menstanakan Ida Bhatara Iswara ke Pura Penataran Agung Besakih selesai, kemudian dilanjutkan dengan persembahyangan di Pura Penataran Agung Besakih yang dihadiri  Gubernur Bali I Wayan Koster bersama Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati beserta rombongan OPD Provinsi Bali, Bupati/walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota Se-Provinsi Bali, Ida Dalem Semaraputra dan para pemedek serta Undangan terkait lainnya. Persembahyangan tersebut dipuput Ida Peranda Wayahan Buruan dari Gria Buruan Gianyar. Sebelum Prosesi Persembahyangan dimulai, diisi dengan ayah-ayahan berupa tarian Rejang Renteng.
 
Karya Panca Wali Krama akan berlangsung selama 1 bulan 7  hari dan akan disineb tanggal 12 April 2019 mendatang. Kabupaten/Kota se-Bali nantinya akan bergiliran melaksanakan bakti penganyar selama Karya Panca Wali Krama berlangsung.
 
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyatakan Semoga dalam pelaksanaan Karya Agung Panca Wali Krama dapat berjalan lancar dan dapat memberikan kedamaian bagi semua umat beragama. (bbn/humasklungkung/rob)


Jumat, 01 Maret 2019 | 21:50 WITA


TAGS: Pemkab Klungkung Neduning Ida Bhatara Pura Gelap



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: