Jelang Pemilu, Polisi Siapkan Skenario Antisipasi Keributan di TPS

Sabtu, 16 Maret 2019 | 15:40 WITA

Jelang Pemilu, Polisi Siapkan Skenario Antisipasi Keributan di TPS

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Karangasem. Jajaran Polres Karangasem siapkan skenario untuk mengantisipasi situasi terburuk dalam mengawal jalannya Pemilihan Umum pada tanggal 17 April 2019 mendatang.
 

Skenario tersebut digambarkan dalam bentuk simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) yang dilaksanakan Sabtu (16/03) pagi di Lapangan Tanah Aron, Jalan Ngurah Rai, Amlapura. 
 
Kegiatan simulasi ini dipimpin langsung oleh Kapolres Karangasem, AKPB.I Gusti Ngurah Agung Ade Panji Anom yang dihadiri Juga oleh Dandim 1623 / Karangasem Letkol Inf Bima Santosa, Ketua KPU Karangasem, I Gede Krisna Adi Widana bersama seluruh jajaran Komisioner, Ketua Komisioner Bawaslu Kab. Karangasem, I Putu Gede Suastrawan, Kepala PN Amlapura, perwakilan dari Kesbang Polinmas dan seluruh Kapolsek diwilayah Polres Karangasem.
 
Menurut Kapolres Karangasem, kegiatan Sispamkota ini dilakukan bertujuan untuk memberi gambaran terhadap kesiapan Polres Karangasem apabila terjadi "chaos" atau gangguan kamtibmas pada saat pelaksanaan Pileg dan Pilpres mendatang. 
 
"Dengan simulasi ini, pihak Kepolisian dapat mengambil langkah-langkah strtegis dan profesional untuk mencegah dan mengantisipasi kemungkinan hal terburuk," ujarnya.
 
Simulasi dimulai dengan rangkaian kegiatan pemungutan suara di TPS. Kemudian dalam skenario telah terjadi keributan karena pemilih tidak bisa memberikan hak suaranya. Untuk langkah awal keributan, tim Negosiator yang terdiri dari para Polwan hingga Dalmas menanganinya. 
 
Lantas, situasi digambarkan semakin memanas dan massa pun semakin bringas hingga bertambah banyak berlanjut dengan lintas ganti Dalmas lanjutan, hingga berakhirnya  pembubaran massa dan dilakukannya penindakan hukum. (bbn/igs/rob)


Sabtu, 16 Maret 2019 | 15:40 WITA


TAGS: Simulasi Pemilu 2019 Karangasem



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: