Upacara Tumpek Kandang Dimaknai Sebagai Permohonan Keselamatan bagi Satwa

Sabtu, 16 Maret 2019 | 20:20 WITA

Upacara Tumpek Kandang   Dimaknai Sebagai Permohonan Keselamatan bagi Satwa

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Gianyar. Masyarakat di Bali mengelar upacara Tumpek Kandang tepat pada Sabtu (16/3) hari ini. Tumpek Kandang merupakan upacara mohon keselamatan untuk binatang-binatang seperti binatang yang disembelih dan binatang peliharaan. 
 

Hakekatnya pada rahina ini adalah untuk memuja Ida Sang Hyang Widhi yang bermanifestasi sebagai Sang Hyang Siwa Pasupati yang disebut Rare Angon, penggembala makhluk. Dalam prakteknya proses upacara ini seperti dilakukan di salah satu destinasi pariwisata di Desa Lebih, Gianyar, Bali yaitu Bali Safari. 
 
Operasion Manager Bali Safari, Ketut Suardana mengatakan pelaksanaan upacara dilakukan guna memberi suatu keselamatan kepada satwa khususnya untuk satwa di Bali Safari, setiap enam bulan sekali.
 
"Kami di Bali Safari, setiap enam bulan sekali melaksanakan perayaan Tumpek Kandang. Karena, kami sebagai lembaga konservasi memiliki sekitar puluhan spesies, serta ribuan individu satwa. Diharapkan, melalui upacara ini, kami memohon kepada Tuhan yang maha esa agar satwa-satwa yang ada diberi kesehatan dan keselamatan," jelasnya sembari menambahkan usai prosesi upacara, seluruh binatang nantinya akan dipercikan tirta (air suci). (bbn/aga/rob)


Sabtu, 16 Maret 2019 | 20:20 WITA


TAGS: Tumpek Kandang Keselamatan Satwa



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: