Harga Tanah Lebih Tinggi dari Bangunan, Kenaikan Tertinggi Tercatat di Kuta Selatan

Selasa, 19 Maret 2019 | 12:42 WITA

Harga Tanah Lebih Tinggi dari Bangunan, Kenaikan Tertinggi Tercatat di Kuta Selatan

bbn/ilustrasi/serujambi

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Harga rata-rata tanah tercatat sebesar 1,05% (qtq), lebih tinggi dibanding triwulan sebelumnya yang sebesar 0,99% (qtq). Melanjutkan pola periode sebelumnya, pertumbuhan harga tanah relatif lebih tinggi dibandingkan pergerakan harga rumah. Hal ini disebabkan kenaikan harga pada rumah sekunder relatif tertahan oleh adanya penyusutan.
 

Berdasarkan data yang dirilis Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali (KPwBI) pada survei properti residensial sekunder mengacu pada wilayahnya kenaikan tertinggi tanah dan rumah tipe menengah terjadi di wilayah Denpasar Selatan, sedangkan kenaikan tertinggi tanah dan rumah tipe besar terjadi di Kuta Selatan.
 
Seiring dengan pergerakan harga di pasar primer harga tanah dan rumah di pasar sekunder juga masih relatif landai dan belum mengalami perubahan yang signifikan.
 
Pertumbuhan harga rumah sekunder pada triwulan IV 2018 mengalami rata-rata 0,37% (qtq) pada triwulan sebelumnya. Pertumbuhan tipe besar relatif lebih tinggi dibandingkan tipe menengah. Sebagian obyek memperlihatkan kecenderungan positif pergerakan harga meskipun masih sangat terbatas dan belum memengaruhi pasar secara keseluruhan. (bbn/rls/rob)


Selasa, 19 Maret 2019 | 12:42 WITA


TAGS: Harga Tanah Properti Bali Kuta Selatan



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: