Desa Tegak Wakili Kecamatan Klungklung Terapkan Program Hatinya PKK

Selasa, 19 Maret 2019 | 14:10 WITA

Desa Tegak Wakili Kecamatan Klungklung Terapkan Program Hatinya PKK

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Klungkung.  Desa Tegak, dusun Bajing, Kecamatan Klungkung mewakili penerapan Program Hatinya PKK Provinsi Bali, Selasa (19/3/2019).
 

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta menyambut kedatangan rombongan PKK Provinsi Bali yang dipimpin Wakil Ketua II Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Artadan. Kedatangan rombongan ini serangkaian Kegiatan Harmonisasi dan Sinkronisasi Gerakan PKK (HATINYA PKK) Tahun 2019.
 
Wakil Ketua II TP PKK Provinsi Bali Ny. Artadana mewakili Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster, menyampaikan melalui sinkronisasi ini diharapkan PKK mempunyai peran yang sangat penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Hal terkecil bisa dimulai dari penataan halaman rumah tangga. 
 
"Kita berharap kedepannya semua halaman rumah yang ada di Bali benar-benar rindang dan tertata rapi. Namun yang terpenting tanaman yang ditanam bermanfaat untuk kebutuhan keluarga," ujarnya.
 
Pihaknya juga memperkenalkan Program PKK yakni Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK, yang selama ini hanya diterapkan di beberapa rumah saja. Program HATINYA PKK berfungsi untuk mengembalikan fungsi halaman pekarangan masyarakat bali, yakni halaman yang asri dan bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan keluarga. Rumah percontohan program HATINYA PKK merupakan tempat belajar bagi masyarakat untuk menata halaman rumahnya menjadi asri dan bermanfaat seperti menanam tanaman Toga.
 
Lebih lanjut dirinya berharap melalui Program ini dapat membantu terwujudnya visi misi Gubernur Bali yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali dan berharap seluruh halaman di rumah masyarakat Bali bisa asri dan bermanfaat.
 
Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu  Suwirta, menyambut baik Kegiatan Program PKK Provinsi yakni HATINYA PKK, dari empat kecamatan, Kecamatan Klungkung yg terakhir dikunjungi untuk di Kabupaten Klungkung,  dimana masing-masing kecamatan akan mempunyai satu rumah contoh hatinya PKK. 
 
Ny. Ayu Suwirta berharap melalui implementasi Rumah Percontohan Hatinya PKK dengan memanfaatkan halaman di sekitar rumah dengan tanaman pangan dan tanaman produktif/ keras ( bernilai ekonomis tinggi ), minimal untuk memenuhi keperluan dan tabungan keluarga serta meningkatkan Tanaman Obat Keluarga (TOGA), tanaman berkhasiat serta tanaman hias yang berfungsi untuk keindahan dan kenyamanan rumah.
 

“Rumah Percontohan yang ada di Desa Tegak ini dapat dijadikan contoh untuk nantinya bisa diterapkan di halaman rumah masyarakat di Desa masing-masing pada wilayah Kecamatan Klungkung”, Ujar Ny. Ayu Suwirta.
 
Kegiatan diisi dengan pemberian makanan tambahan asupan gizi secara simbolis kepada anak-anak dan lansia, Penyerahan bibit dan dana bantuan Program HATINYA PKK serta mengunjungi Rumah Percontohan Program HATINYA PKK, kemudian dilanjutkan Penanaman tanaman dan berkeliling Rumah Percontohan.
 
Turut Hadir dalam kegiatan Camat Klungkung I Komang Wisnuadi, Perbekel Desa Tegak I Ketut Sujana dan Undangan terkait lainnya. 
(bbn/HumasKlungkung/rob)
 
 


Selasa, 19 Maret 2019 | 14:10 WITA


TAGS: Desa Tegak Klungkung Wakili Program Hatinya PKK



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: