Perempuan Miliki Perilaku Selfie Lebih Aktif Dibandingkan Laki- Laki

Rabu, 20 Maret 2019 | 08:43 WITA

Beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Berdasarkan hasil penelitian, perempuan memiliki prilaku selfie lebih aktif dibandingkan dengan laki-laki. Dimana perempuan lebih sering melakukan tindakan selfie dibandingkan dengan laki – laki.

Selfie adalah tindakan mengabadikan diri sendiri dengan menggunakan perangkat elektronik. Perempuan pun lebih banyak dan sering mengunggah foto selfie ke Instagram dalam sehari. Hal tersebut terungkap dalam sebuah artikel berjudul “Motif Mengunggah Foto Selfie ke Dalam Media Sosial Instagram di Kalangan Remaja SMAN 1 Denpasar” yang dipublikasikan dalam E-Jurnal Medium.

Para peneliti yaitu Lidya Mulya Lestari, Ni Made Ras Amanda Gelgel, dan Ade Devia Pradipta dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Udayana menuliskan bahwa perempuan cenderung memiliki perilaku bermedia yang lebih aktif dibandingkan laki – laki, dikarenakan perempuan lebih banyak memiliki akun media sosial Instagram dibandingkan laki – laki. Perempuan cenderung lebih banyak memiliki motif ingin mendapatkan pengalaman baru dan motif mendapatkan respon di bandingkan dengan laki- laki. Sedangkan untuk motif mendapatkan pengakuan cenderung tidak ada perbedaan yang begitu signifikan antara perempuan dan laki laki.

Dalam artikel tersebut juga terungkap, jika remaja pelaku selfie cenderung melakukan tindakan selfie 1- 2 kali sehari dan foto selfie paling banyak di unggah ke dalam media sosial Instagram, paling sedikit di unggah ke media sosial Twitter. Remaja pelaku selfie cenderung mengunggah 1-2 foto ke Instagram dalam sehari.

Selain itu, kepemilikan akun media sosial remaja pelaku selfie cukup tinggi. Media sosial yang paling banyak di miliki adalah Line, karena Line merupakan aplikasi media sosial yang berfokus untuk berkirim pesan. Instagram merupakan aplikasi media sosial kedua yang paling banyak dimiliki. Rata-rata remaja pelaku selfie mengakses media sosial lebih dari 15 kali dalam sehari.[bbn/ E-Jurnal Medium/mul]


Rabu, 20 Maret 2019 | 08:43 WITA


TAGS:



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: